Jangan Membiasakan Diri Mengepang Rambut

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kesehatan yang cukup banyak dikhawatirkan oleh kaum hawa adalah rambutnya yang mudah rontok. Tahukah anda, sebuah penelitian menunjukkan fakta mengejutkan jika separuh wanita di dunia ini ternyata mengalami masalah kerontokan rambut dimana sebagian diantaranya bahkan mengalami kerontokan yang sangat parah. Terdapat banyak sekali faktor penyebab masalah kerontokan rambut pada wanita ini. Namun, selain adanya faktor genetik, kerap kali masalah kerontokan rambut pada wanita disebabkan oleh kurangnya perawatan rambut dan kebiasaan buruk yang dilakukan sehari-hari pada rambut. Salah satunya adalah kecenderungan sebagian wanita yang mengepang rambutnya dalam waktu yang lama setiap hari.

doktersehat-rambut-kepang-wanita

Dengan mengepang rambut, kaum hawa memang akan mendapatkan tampilan yang jauh lebih praktis dan rapi sehingga terlihat cantik. Namun, mengepangnya setiap hari, apalagi dikepang dengan ikatan yang cukup kencang ternyata akan sangat buruk bagi kesehatan rambut. Pengepangan ternyata bisa memicu folikel rambut mengalami ketegangan hebat sehingga akar rambutpun akan mudah mengalami kerusakan dan tubuh rambut sendiri akan cenderung mudah kering dan pecah-pecah.

Banyak kasus dimana wanita yang terbiasa mengepang rambutnya akan mengalami gatal-gatal yang parah pada rambutnya dan bisa memicu luka pada kulit kepala. Hal ini dikarenakan rasa gatal ini baru bisa diatasi jika digaruk terus menerus. Padahal, dengan sering-sering menggaruk kulit kepala saat gatal, rambutpun akan lebih mudah rapuh dan masalah kerontokanpun pada akhirnya muncul dan semakin parah.

Untuk menghindari hal ini, jika memang tidak benar-benar diperlukan layaknya saat anda memasak, cobalah untuk menggerai rambut anda agar rambut tidak mudah tegang dan mengalami kerontokan. Selain itu, dengan rambut yang lebih bebas, maka rambut pun akan cenderung lebih sehat dan tumbuh dengan lebih baik.