Jangan Memanaskan Sayur Bayam

DokterSehat.Com – Bayam adalah salah satu bahan sayuran yang sangat digemari oleh masyarakat. Kita bisa menyebut banyak sayuran yang memakai bahan bayam layaknya pecel yang nikmat atau sayur bening yang segar. Selain rasanya yang enak, bayam yang kaya dengan kandungan gizi layaknya kalium, vitamin mineral dan juga serat yang tinggi tentu akan baik dikonsumsi oleh tubuh dan bisa melancarkan sayuran pencernaan. Sayangnya, banyak dari kita yang hanya karena ingin merasakan sayur bayam dengan enak justru memanaskan sayur ini kembali setelah beberapa jam dimasak sebelumnya. Hal ini ternyata bisa sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh?

doktersehat-bayam

Kandungan bayam yang baru saja dimasak dengan kandungan bayam yang dipanaskan kembali ternyata bisa jauh berbeda. Saat baru pertama kali dimasak, bayam akan menyediakan kandungan zat besi yang sangat tinggi sehingga tubuh pun memiliki banyak pengangkut oksigen pada sel-sel darah merah sehingga sayur bayam sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi penderita anemia. Sayangnya, kandungan ini akan berubah total jika bayam dipanaskan kembali agar menjadi lebih hangat.

Kandungan zat besi pada bayam akan mengalami proses oksidasi sehingga kandungan zat besi yang memiliki senyawa kimia Fe2+ justru akan berubah menjadi zat besi dengan senyawa kimia Fe3+ atau Ferri yang menjadi racun yang tidak baik jika dikonsumsi oleh tubuh. Bayam yang dipanaskan kembali juga akan memiliki kandungan nitrat dengan konsentrasi yang berlebihan atau yang disebut sebagai nitrit yang juga akan kurang baik bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi.

Tahukah anda, sayuran bayam yang dijadikan sayur bening ternyata sebaiknya tidak dikonsumsi enam jam setelah dimasak karena adanya perubahan kandungan gizi yang bisa berbahaya bagi tubuh. Selain perubahan secara alami, adanya pemanasan ulang tentu akan membuat perubahan kandungan gizi yang lebih buruk sehingga sayuran ini tentu sudah tidak layak lagi untuk dikonsumsi.

Baca Juga:  Akhirnya, Pencangkokan Penis Untuk Pertama Kalinya Bisa Dilakukan di Amerika Serikat