Jangan Memaksakan Diri Berolahraga Jika Mengalami Kondisi Badan Sebagai Berikut

DokterSehat.Com – Sudah menjadi rahasia umum jika berolahraga akan membuat tubuh menjadi sehat dan bugar. Namun, olahraga juga sebaiknya dilakukan saat kondisi fisik dan mental kita dalam kondisi yang baik. Jika kita dalam kondisi tidak enak badan, melakukan sedikit aktivitas fisik saja akan terasa kurang nyaman, apalagi jika harus melakukan olahraga yang intens layaknya berlari, berenang, atau bahkan bela diri. Pakar kesehatan sendiri sangat tidak menyarankan kita untuk melakukan olahraga andai kondisi badan kita seperti sebagai berikut.

doktersehat-cedera-olahraga

Saat tubuh sedang sakit
Saat tubuh kita sakit, bahkan andai sakit ini tergolong ringan layaknya sakit kepala atau flu, ada baiknya memang kita tida melakukan olahraga terlebih dahulu. Pakar kesehatan menyebutkan jika selain adanya resiko terkena cedera atau bahkan kecelakaan akibat kondisi badan tidak benar-benar fit, tubuh yang sedang sakit menandakan adanya penurunan sistem kekebalan tubuh. Alih-alih lebih sehat, kita justru bisa semakin sakit jika memaksakan diri berolahraga.

Saat tubuh terkena cedera
Cedera seringkali membuat tubuh terasa sakit atau tidak bisa digerakkan dengan normal. Jika kita memaksakan diri saat tubuh masih dalam kondisi cedera, kita akan beresiko membuatnya menjadi lebih parah. Tak hanya itu, andai kita sedang dalam proses pemulihan cedera, berolahraga justru akan membuat proses penyembuhannya semakin lama. Tunggulah tubuh sampai benar-benar pulih dan fit dan barulah kita bisa mulai melakukan aktifitas fisik.

Terkena stres
Pakar kesehatan menyebutkan jika salah satu cara paling efektif meredakan stres adalah dengan berolahraga. Namun, kita juga harus berhati-hati karena saat stress, kita cenderung kurang berkonsentrasi dan bisa jadi kita mengalami kecelakaan atau cedera. Kita bisa memilih olahraga di luar ruangan yang bisa membuat kita menikmati alam layaknya berlari untuk menghilangkan rasa stres.