Jangan Memakai Pasta Gigi Berlebihan

DokterSehat.Com – Tahukah anda, pasta gigi yang dipakai oleh sebagian besar masyarakat Indonesia adalah pasta gigi yang memiliki kandungan detergen. Pernah mendenagr kata ini? Ya detergen seringkali kita temui dalam produk pencuci pakaian dimana bahan ini akan sangat efektif membersihkan pakaian dari berbagai kotoran yang menempel. Adanya bahan detergen berarti kita tentu tidak boleh sembarangan atau berlebihan dalam memakai pasta gigi. Jangan termakan stigma dimana semakin banyak pasta gigi, maka kita pun bisa membersihkan gigi lebih baik. Berikut adalah beberapa alasan mengapa kita tidak boleh memakai pasta gigi secara berlebihan.

doktersehat-sikat-gigi-kotor-kuman-kamar-mandi

Bahan detergen yang dipakai oleh sebagian besar produk pasta gigi di pasaran ternyata bisa menyebabkan sariawan pada mulut kita. Tentu akan sangat tidak nyaman bukan jika kita makan atau menyikat gigi dengan ada sariawan di dalam rongga mulut. Selain detergen, kebanyakan pasta gigi juga memiliki agen perasa. Anda tentu sering merasakan pasta gigi memberikan efek segar karena adanya kandungan menthol, pepermint, spearmint, atau beberapa kandungan lain layaknya carvone atau cinnamal, bukan? Beberapa bahan ini ternyata beresiko menyebabkan alergi pada mulut jika digunakan terlalu banyak.

Kandungan fluoride diyakini bisa menjamin kebersihan dan kecerahan gigi jika kita memakainya setiap hari. Sayangnya, dibalik kebaikannya, fluoride ternyata akan sangat berbahaya jika tidak sengaja tertelan, apalagi oleh anak-anak. Saat kita menyikat gigi, pastikan bahwa kandungan fluoride yang dipakai tidak melebihi 1.000 ppm untuk orang dewasa dan 250-500 ppm untuk anak-anak. Jika berlebihan, yang terjadi adalah email gigi bisa mengalami fluorosis yang menyebabkan kerusakan pada gigi. Beberapa kandungan pasta gigi lainnya yang akan sangat berbahaya jika dipakai secara berlebihan adalah agen antibakteri, propolis, hexylresorcinol, parabens, dipentene, cocamidopropyl, dan juga azulene. Bahan-bahan tersebut ternyata beresiko menyebabkan alergi pada mulut.

Baca Juga:  Sembelit

Lantas, seberapa banyakkah pasta gigi yang akan aman untuk dipakai selama kita menyikat gigi? Pakar kesehatan menganjurkan bahwa ukuran pasta gigi yang aman namun efektif untuk membersihkan gigi adalah sebesar biji kacang polong saja. Ada baiknya tidak memberikan porsi yang berlebihan agar kesehatan gigi dan mulut kita tetap terjaga dengan baik.