Jangan Melakukan Hal Ini Persis Setelah Makan

DokterSehat.Com – Setelah makan besar, tanpa kita sadari kita sering melakukan beberapa kebiasaan buruk yang bisa berdampak bagi kesehatan. Sebagai contoh, banyak orang yang langsung merokok karena merasa mulutnya terasa pahit jika tidak langsung menghisap asap rokok persis setelah makan. Terdapat sebuah anggapan yang meskipun masih diperdebatkan kebenarannya, namun bisa menjadi tanda betapa berbahayanya dampak merokok setelah makan. Satu batang rokok setelah makan dianggap berdampak setara dengan sepuluh batang rokok yang dihisap di waktu lain. Selain kebiasaan merokok, terdapat beberapa kebiasaan lain yang akan sangat buruk bagi kesehatan tubuh layaknya sebagai berikut.

doktersehat-teh-cengkeh-untuk-diabetes

Di Indonesia sendiri, ada sebuah kecenderungan unik, khususnya yang dilakukan masyarakat jika memesan makanan di luar rumah layaknya di restoran atau warung-warung dimana setelah makan besar, kita akan cenderung meminum teh baik itu dalam bentuk es teh maupun teh hangat. Meskipun teh digolongkan sebagai minuman yang sehat, namun mengkonsumsi teh persis setelah makan ternyata dapat membuat organ pencernaan terganggu. Daun teh memiliki sifat asam sehingga makanan yang baru saja kita makan cenderung lebih sussah dicerna, khususnya untuk kandungan protein. Kandungan polifenol dan tanin pada teh akan mengikat zat besi sehingga tubuh pun tidak akan bisa menyerap kandungan penting ini.

Selain teh, jika kita mengkonsumsi air putih secara berlebihan saat makan ternyata juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Asam lambung dan berbagai enzim yang muncul untuk mencerna makanan ternyata akan menjadi lebih encer sehingga makanan pun akan semakin sulit dicerna. Hal yang sama berlaku jika kita mengkonsumsi buah-buahan langsung setelah kita makan. Buah-buahan adalah jenis makanan yang akan dicerna dengan cepat di dalam perut. Jika buah-buahan dikonsumsi persis setelah makan besar, maka buah justru akan terfermentasi dan membuat kandungan gas dalam tubuh meningkat yang tentu akan membuat tubuh terasa tidak nyaman.

Baca Juga:  Stres, Salah satu Pemicu Utama Mengapa Kita Sulit Mencapai Orgasme

Beberapa orang akan langsung tidur karena makan bisa memicu rasa kantuk. Meskipun terasa sangat nyaman, tidur persis setelah makan besar akan membuat rasa tidak enak pada tubuh persis setelah bangun tidur. Perut biasanya akan terasa kembung dan bahkan bisa memicu heartburn yang sangat tidak nyaman.