Jangan Melakukan Hal-hal Berikut ini Jika Anda Kurang Tidur Semalam

DokterSehat.Com – Kadangkala kita tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup karena beberapa faktor, layaknya harus menyelesaikan berbagai macam tugas hingga larut malam. Saat paginya, anda pun akan cenderung mengalami kondisi layaknya “jet lag” yang membuat tubuh menjadi lebih lesu, lebih linglung, dan juga kesulitan untuk fokus untuk berkonsentrasi. Pakar kesehatan menyebutkan jika anda semalam kurang mendapatkan waktu tidur yang cukup, maka ada baiknya anda melakukan hal-hal seperti sebagai berikut.

doktersehat-naik-mobil-menyetir-traveling

Jika anda hanya mendapatkan waktu tidur kurang dari 6 jam, maka ada baiknya anda menghindari berkendara sendiri terlebih dahulu, apalagi jika anda harus berkendara dengan jarak yang cukup jauh. Bahkan jika anda meminum secangkir kopi pun, anda tidak akan merasa lebih baik dan tetap akan kesulitan menghadapi lalu lintas sehingga ada baiknya anda memakai transportasi umum saja. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika mereka yang kurang tertidur akan cenderung memiliki reaksi tubuh yang setara layaknya saat kita mabuk dengan tingkat kewaspadaan yang jauh menurun. Melihat adanya fakta ini, maka resiko mendapatkan kecelakaan pun akan jauh meningkat.

Meskipun anda kekurangan waktu tidur, cobalah untuk menjalani aktifitas harian seperti biasa. Satu hal yang pasti, anda sebaiknya tidak melewatkan jam makan pagi dan makan siang. Hanya saja, jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan kadar karbohidrat karena bisa meningkatkan hormon serotonin yang tentu akan membuat anda mudah lelah dan mengantuk. Jika anda bisa menyempatkan waktu untuk tidur sebentar, maka hal ini akan baik bagi tubuh anda karena anda bisa menghindari rasa lelah muncul lebih awal. Tidur diantara jam 10 pagi sekitar 15 hingga 30 menit dirasa sudah cukup untuk membuat anda menjadi lebih segar.

Baca Juga:  Hernia Nucleus Pulposus (Syaraf Terjepit)

Karena kekurangan waktu tidur, kita akan cenderung memiliki emosi yang kurang stabil. Ada baiknya kita menghindari pembicaraan serius atau bahkan yang bisa melibatkan emosi karena bisa membuat anda menjadi marah atau sakit hati dengan lebih mudah. Selain itu, jika anda memiliki kesempata untuk tidur lebih awal di malam hari, maka lakukanlah. Tidur dengan lebih cepat setelah di malam sebelumnya kekurangan waktu tidur bisa membuat fungsi tubuh menjadi normal kembali dan keesokan harinya tubuh anda akan menjadi segar kembali seperti sedia kala.