Jangan Melakukan 5 Hal Ini Ketika stres

DokterSehat.Com – Stres adalah realita kehidupan. Kadang-kadang stres dapat menjadi hal yang baik, itu memotivasi kita untuk mencapai hal yang mungkin tidak dapat kita capai jika tidak stres. Bagaimanapun juga, stres yang berlebihan dapat merusak baik secara mental mupun fisik.

3

Hati-hati ketika kita sedang merasa tertekan atau stres. Salah langkah atau salah melakukan sesuatu, bisa-bisa malah membuat kondisi stres atau tertekan Anda jadi makin parah. Seperti yang dilansir oleh huffingtonpost.com, ada lima hal yang sebaiknya tidak kita lakukan ketika stres. Tujuannya adalah agar kondisi kita tidak semakin parah dan kita bisa lebih cepat memulihkan kondisi kita sendiri.

  1. Meluapkan emosi ke orang terdekat
    Penelitian menunjukkan bahwa stres itu merupakan emosi yang mudah menular. Jika Anda langsung meluapkan emosi ke orang terdekat Anda, mungkin kondisi Anda akan membaik. Tapi Anda juga perlu memperhatikan perasaan dan kondisi orang tersebut. Sebagai alternatifnya, cobalah untuk melakukan sejumlah aktivitas yang Anda sukai bersama sahabat atau orang terdekat Anda bersama-sama.
  1. Membuat keputusan asal-asalan
    Saat sedang stres, jangan membuat sebuah keputusan besar. Peneliti dari Harvard memonitor sekelompok siswa dan menemukan bahwa siswa-siswa yang memiliki tingkat stres tinggi tidak bisa membuat pilihan-pilihan jangka panjang yang baik. Ini dikarenakan pikiran mereka yang sedang tak jernih. Jika Anda sedang menimbang-menimbang sebuah keputusan, usahakan untuk merilekskan kondisi Anda dulu sebelum membuat sebuah keputusan final.
  1. Mengabaikkan tanggung jawab
    Saat sedang stres, usahakan untuk tetap memenuhi tanggung jawab dan melakukan pekerjaan Anda dengan baik. Agar terasa lebih ringan, cobalah untuk membagi-bagi pekerjaan Anda menjadi beberapa bagian. Berdasarkan riset, kita akan lebih mudah bekerja dengan interval 90 menitan. Jadi setiap bekerja selama 90 menit, usahakan untuk mengambil jeda istirahat.
  1. Memikirakna setiap hal kecil secara berlebihan
    Menurut sebuah penelitian tahun 2013 yang dipublikasikan di jurnal PLOS ONE, disimpulkan bahwa orang-orang yang terlalu memikirkan perasaan dan emosi negatif memiliki risiko lebih tinggi terkena depresi dan kecemasan. Respon psikologis kita terhadap pikiran negatif bisa makin memperburuk situasi kita sendiri. Cobalah untuk bermeditasi atau menenangkan pikiran agar Anda tak terlalu berlebihan dalam menyikapi setiap hal kecil.
  1. Tidak tidur
    Stres bisa merusak jam dan rutinitas tidur kita. Tapi jangan sampai membiarkan stres menguasai diri kita sehingga kita tidak mengistirahatkan diri kita. Menonton televisi berjam-jam atau menatap layar monitor berjam-jam justru bisa membuat kualitas tidur Anda jadi makin buruk. Jadi ketika stres, lakukan sesuatu yang bisa membuat Anda lebih rileks dan pada akhirnya bisa tidur dengan nyenyak.
Baca Juga:  Stres Karena Putus Cinta Bisa Membuat Wanita Gila

Stres bisa muncul kapan saja. Dan ketika Anda merasa stres, pahamilah hal tersebut sebagai bentuk sinyal bahwa ada sesuatu yang harus segera Anda lakukan. Jika suatu saat nanti rasa stres itu kembali melanda (atau bahkan sekarang Anda merasa stres?), setidaknya hindarilah 5 hal di atas.