Jangan Mandi Saat Anda Masih Berkeringat

DokterSehat.Com – Dengan mandi secara rutin setiap hari, kita akan terbebas dari berbagai kotoran yang menempel pada tubuh yang bisa menyebabkan rasa gerah dan tidak nyaman. Selain membuat badan menjadi lebih nyaman, mandi juga bisa membuat kita terbebas dari berbagai kuman dan bakteri yang bisa menempel dan membuat banyak jenis penyakit. Mandi bisa dilakukan di pagi hari dan juga sore atau menjelang malam hari untuk menjaga kesegaran dan kebersihan tubuh. Namun, banyak dari kita yang sudah merasa sangat gerah karena udara yang panas atau setelah banyak beraktifitas hingga berkeringat sangat ingin mandi dengan segera. Apakah hal ini aman bagi tubuh?

doktersehat-mandi-dingin

Pakar kesehatan menyebutkan jika kita mandi dengan tubuh masih dalam kondisi berkeringat, maka hal ini sangat tidak baik bagi tubuh. Memang, kita akan merasa sangat gerah jika berkeringat terlalu banyak, apalagi jika keringat ini juga bercampur dengan banyak kotoran. Namun, kita sebaiknya harus menunggu hingga keringat ini kering terlebih dahulu sebelum mulai mandi. Jika kita tetap mandi saat tubuh berkeringat, tubuh justru beresiko akan mengalami shock. Meskipun anda memilih air hangat maupun air dingin, tubuh akan tetap kaget dan akan merasa sangat tidak nyaman setelah mandi. Saat berkeringat, pori-pori kulit terbuka lebar dan bisa membuat kulit menjadi kering jika kita menyiramnya dengan air. Biasanya reaksi pertama tubuh yang berkeringat langsung disiram dengan air adalah rasa perut yang tidak nyaman.

Kebiasaan mandi saat tubuh masih berkeringat ternyata bisa membaut sistem kekebalan tubuh melemah. Tahukah anda, keringat adalah sebuah hasil sistem metabolisme untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap berjalan dengan baik. Banyak kasus dimana mereka yang terbiasa mandi dikala tubuh masih berkeringat akan merasakan tubuh semakin menggigil dan rasa dingin pada tangan dan kaki. Selain itu, pembuluh darah juga beresiko mendapatkan masalah besar jika kita mandi di kala masih berkeringat. Dengan berkeringat, kita bisa mengeluarkan panas dari dalam tubuh dan berbagai sisa metabolisme. Dengan langsung mandi saat tubuh berkeringat, maka panas tubuh pun akan langsung tertahan di dalam tubuh dan membuat suhu tubuh mengalami gangguan dan menyebabkan masalah pada pembuluh darah.

Baca Juga:  Peregangan Saat Bangun Tidur Ternyata Sangat Baik Bagi Kesehatan