Jangan Makan Pepaya Saat Terkena Masalah Kesehatan Ini

DokterSehat.Com – Pepaya adalah salah satu buah tropis yang digemari oleh banyak orang, khususnya di Indonesia. Menurut pakar kesehatan, pepaya termasuk dalam buah yang baik bagi kesehatan tubuh mengingat di dalam 100 gram buah ini kita bisa menemukan 43 kalori, asam folat, hingga kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Sayangnya, ada baiknya kita tidak sembarangan mengkonsumsi buah pepaya ini karena jika kita asal mengkonsumsinya saat terkena kondisi kesehatan tertentu, bisa jadi kondisi kesehatan kita memburuk. Sebenarnya, apa sajakah kondisi kesehatan yang membuat kita sebaiknya menghindari pepaya?



Hamil
Pepaya yang belum matang ternyata sangat tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, khususnya yang masih hamil muda. Pepaya yang masih mentah ternyata memiliki kandungan alteks yang bisa memicu kontraksi uterus yang akhirnya bisa memicu keguguran.

Masalah pencernaan
Jika kita sedang mengalami gangguan pencernaan layaknya diare, ada baiknya kita tidak mengkonsumsi buah pepaya terlebih dahulu karena kandungan papainnya bisa menyebabkan masalah sakit perut ini menjadi semakin tidak karuan.

Batu ginjal
Adanya kandungan vitamin C yang sangat tinggi dari pepaya ini akan membuat sistem kekebalan tubuh kita meningkat. Sayangnya, jika kita mengkonsumsi terlalu banyak vitamin C, maka dikhawatirkan kita justru akan memicu pembentukan batu ginjal, salah satu masalah kesehatan yang bisa membuat rasa nyeri yang luar biasa.

Gangguan pernafasan
Enzim papain yang ada di dalam pepaya ternyata termasuk dalam allergen yang cukup kuat sehingga andai kita sedang mengalami gangguan pernafasan layaknya asma, sesak nafas, hingga demam, dikhawatirkan gangguan ini akan menjadi semakin parah.

Kadar gula darah rendah
Terlalu banyak makan pepaya bisa membuat kadar gula darah semakin menurun sehingga sebaiknya kita kurang porsinya demi menjaga keseimbangan kadar gula darah tersebut.