Jangan Lupa Sarapan di Hari Pertama Sekolah

DokterSehat.Com – Tahun ajaran baru segera dimulai. Setelah libur cukup lama, kini anak-anak pun segera kembali ke sekolah untuk mendapatkan ilmu. Tak hanya anak-anak yang untuk pertama kali mengecap bangku sekolah, anak-anak yang naik kelas juga akan mendapatkan pengalaman baru. Sebagai orang tua, kita tentu harus memastikan anak tetap dalam kondisi yang sehat dan bugar selama melakukan kegiatan belajar. Caranya adalah dengan memastikan anak melakukan sarapan setiap paginya.

doktersehat-anak-makan-sehat

Pakar nutrisi anak, Jill Castle, menyebutkan jika anak dengan usia 5 hingga 15 tahun sebaiknya mendapatkan asupan sarapan yang baik yang kaya akan protein, sayuran, buah-buahan, hingga biji-bijian. Jika anak mendapatkan sarapan sehat sebelum berangkat ke sekolah, Ia akan mendapatkan otaknya menjadi lebih mampu memperhatikan pelajaran dan meningkatkan fungsi kognitif.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Pennsylvania School of Nursing di Amerika Serikat bahkan menemukan makanan apa saja yang bisa dikonsumsi oleh anak untuk sarapan. Menurut para pakar kesehatan yang terlibat, anak bisa mengkonsumsi telur orak-arik yang dipadu dengan roti dan buah-buahan. Kombinasi makanan ini diyakini akan sangat baik bagi kesehatan anak karena bisa membuat tubuh anak tidak mudah gemuk dan menurunkan asupan kalori makan siang anak hingga 70 kalori. Dengan perut anak yang sudah kenyang di pagi hari, kita juga menurunkan keinginan anak untuk mengkonsumsi makanan tidak sehat sebelum jam makan siang, bukan?

Selain memperhatikan asupan sarapan anak, anak juga harus dipastikan mengkonsumsi air putih dengan cukup. Tujuannya? Tentu saja agar anak tidak mengalami dehidrasi saat belajar di sekolah. Ingatlah bahwa proses belajar juga memakan energi yang cukup banyak sehingga dikhawatirkan cairan tubuh bisa menurun dengan drastis dan menurunkan konsentrasi. Selain mengkonsumsi air putih dengan cukup, jika diperlukan bekali anak juga dengan tempat air minum yang bisa dikonsumsi setiap saat.