Jangan Lupa Cuci Tangan Setelah Buang Air Kecil

DokterSehat.Com – Meskipun sudah berkali-kali diserukan oleh pakar kesehatan, dalam realitanya banyak orang yang masih malas untuk rutin mencuci tangan. Kebanyakan orang yang malas mencuci tangan ini sebenarnya juga tahu betapa berbahayanya kebiasaan buruk ini namun tetap tidak melakukannya. Sebagai contoh, kebanyakan dari kita masih malas untuk mencuci tangan setelah buang air kecil. Padahal, jika hal ini sering dilakukan, resiko untuk terkena berbagai penyakit pun meningkat.

doktersehat-cuci-tangan-sabun

Berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal berjudul Journal of Environmental Health pada tahun 2013 lalu, diketahui bahwa dari 3.749 orang yang dilibatkan dalam penelitian yang ditujukan untuk mengetahui kebiasaan orang setelah menggunakan toilet, 10 persen diantaranya ternyata tidak pernah mencuci tangannya, 33 persen lainnya hanya membasuh tangan mereka dengan air, sementara itu, sisa lainnya hanya mencuci tangan dengan sabun namun tidak menggosoknya dalam waktu yang lama. Padahal, seluruh kebiasaan tersebut tidak akan efektif dalam mencegah berbagai macam penyakit.

Meskipun kita rutin membersihkan toilet atau kamar mandi, dalam realitanya tempat untuk buang air kecil ini sangatlah kaya akan berbagai kuman dan bakteri. Jika kita malas untuk mencuci tangan atau hanya membasuhnya dengan air, dikhawatirkan kuman dan bakteri bisa menempel atau memasuki tubuh kita sehingga bisa menyebabkan penyakit. Selain itu, jika kita mencuci tangan dengan sabun namun hanya dalam waktu kurang dari 20 detik, maka hal ini juga kurang efektif dalam mencegah penyakit.

Centers for Disease Control and Prevention
(CDC) Amerika Serikat sendiri menyarankan kita untuk selalu mencuci tangan dengan sabun dan menggosoknya setidaknya selama 20 menit agar berbagai bakteri bisa hilang dari tangan kita setelah buang air kecil. Andaipun kita tidak menemukan sabun di toilet, gunakanlah hand sanitizer. CDC sendiri menyebutkan bahwa hand sanitizer adalah alternatif terbaik bagi kita untuk membersihkan daripada tidak mencuci tangan sama sekali setelah buang air kecil di toilet atau kamar mandi.