Jangan Lupa Cuci Baju Lebaran Sebelum Menggunakannya Jika Tidak Ingin Terkena Ini

DokterSehat.Com– Salah satu waktu dimana banyak orang akan memakai baju baru adalah saat Hari Lebaran. Entah sejak kapan budaya ini berawal, Lebaran akan terasa ada yang kurang andai tidak disertai dengan baju baru. Jika anda termasuk dalam orang yang juga membeli baju baru dan menemukan baju yang cocok, ada baiknya anda harus sedikit bersabar sebelum menggunakannya. Pakar kesehatan ternyata mewanti-wanti kita untuk selalu mencuci baju baru sebelum memakainya.



Dimanapun kita membeli baju; di pasar, pusat perbelanjaan, butik khusus, atau bahkan secara online, kita tidak akan bisa menjamin apakah baju ini berada dalam kondisi yang bersih atau tidak. Bisa jadi baju yang kita beli ini memiliki serangga atau bahkan kuman yang bisa menyebabkan gatal-gatal atau ruam-ruam pada kulit jika kita menggunakannya tanpa sempat mencucinya terlebih dahulu. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh professor Donald Belsito yang berasal dari Columbia University Medical Center, diketahui bahwa 90 persen pakaian yang tersedia di pasaran ternyata berada dalam kondisi yang tidak bersih.

Penelitian yang hasilnya kemudian dipublikasikan dalam jurnal berjudul The Wall Street Journal ini juga menunjukkan fakta bahwa selain kotoran dan kuman yang berbahaya, baju baru juga memiliki bahan kimia layaknya pewarna dan resin formaldehida yang andai tidak dicuci terlebih dahulu akan membuat iritasi pada kulit atau bahkan reaksi alergi.

Tak hanya menyarankan kita untuk mencuci baju baru sebelum dipakai, Profesor Belsito juga mengungkapkan bahaya dari kamar pas di pusat perbelanjaan yang bisa menjadi tempat penularan penyakit kulit. Hal ini disebabkan oleh kemungkinan satu pakaian bisa dicoba oleh banyak orang. Tak hanya itu, kita juga tidak bisa memastikan baju ini sudah melalui seberapa banyak proses distribusi atau sudah dipegang oleh berapa banyak orang.

Baca Juga:  Obesitas Bisa Dialami Oleh Orang Berbadan Kurus

Melihat adanya fakta ini, sebelum memakai baju baru di Hari Raya Lebaran, ada baiknya memang kita mencucinya terlebih dahulu.