Jangan Lewatkan Imunisasi Polio Bagi Buah Hati Kita

DokterSehat.Com – Tahukah anda, Indonesia sudah menyatakan diri sebagai negara yang terbebas dari masalah polio semenjak tahun 2014 lalu. Keberhasilan ini diyakini karena pemerintah dan semua lapisan masyarakat yang saling bahu membahu melakukan berbagai kegiatan layaknya imunisasi atau penyuluhan di berbagai tempat sehingga masyarakat pun semakin menyadari betapa berbahayanya penyakit polio ini. Untuk memastikan bahwa Indonesia tetap berstatus bebas dari polio, kini pemerintah pun sedang menyerukan imunisasi berskala nasional dalam pekan ini. Imunisasi yang bisa didapatkan pada posyandu-posyandu terdekat ini ada baiknya tidak kita lewatkan begitu saja karena bisa memberikan banyak kebaikan bagi anak kita.

doktersehat-polio

Penyakit polio bukanlah sejenis penyakit seperti flu atau sakit kepala yang jika muncul kita bisa mengobatinya dan akan sembuh. Penyakit polio masih belum bisa disembuhkan dan bahkan penderitanya bisa mengalami kelumpuhan sepanjang hidupnya. Yang lebih mengerikan adalah polio ternyata bisa menular melalui virus polio. Untuk memastikan bahwa anak kita tidak mengidap penyakit mengerikan ini, satu-satunya jalan tentu saja adalah memastikan bahwa anak kita melakukan imunisasi.

Tak perlu khawatir dengan kualitas imunisasi yang diperuntukkan bagi penyakit polio ini. Pakar kesehatan yang terlibat dalam program imunisasi berskala nasional memastikan bahwa imunisasi ini bisa berjalan dengan efektif dan juga aman. Tahukah anda, di seluruh dunia sendiri setidaknya telah dilakukan imunisasi polio pada 2,5 miliar anak dan tingkat keberhasilan imunisasi ini dalam mencegah penyakit polio mencapai 99 persen. Selain itu, imunisasi polio juga diklaim tidak akan memberikan efek samping layaknya demam dan berbagai penyakit lain. Hanya saja, jika anak sedang dalam kondisi sakit, imunisasi polio memang sebaiknya ditunda saja hingga sang buah hati sehat kembali sehingga tidak akan ditemui efek samping tertentu.

Baca Juga:  Air Kelapa untuk Ibu Hamil, Bolehkah?

Bagi warga muslim sendiri, imunisasi polio adalah imunisasi yang terjamin kehalalannya oleh MUI. Hal ini berarti semua kalangan masyarakat tidak perlu lagi ragu akan kualitas dan keamanan dari imunisasi. Demi kesehatan anak kita di masa depan, mari datangi imunisasi polio di tempat imunisasi terdekat.