Jangan Letakkan Ponsel Dekat Dengan Tubuh Saat Tidur

DokterSehat.Com – Pernahkah anda menanyakan pada diri anda sendiri kapan anda tidak berada dekat dengan ponsel anda setiap harinya? Percaya tidak percaya, sebagian masyarakat ternyata jauh dari ponselnya hanya saat mereka sedang berada di kamar mandi! Bahkan, banyak orang yang masih ikut membawanya di kamar mandi untuk menemani waktu buang air besar atau mendengarkan musik saat mandi. Pakar kesehatan menyebutkan jika radiasi dari ponsel yang berlangsung cukup lama tentu akan mempengaruhi kesehatan tubuh kita, apalagi jika kita membawa ponsel kita pada kasur saat kita melakukan tidur malam yang mana hal ini ternyata sangat berbahaya!

doktersehat-tidur-lampu-menyala

Tahukah anda, ponsel yang masih menyala dan ditempatkan dekat dengan tubuh kita, apalagi di atas kasur akan menurunkan kualitas tidur! Ponsel akan mengeluarkan semacam radiasi yang bisa membuat neuron otak kita tidak benar-benar tidur dengan nyenyak dan bahkan bisa memicu sulit tidur atau terbangun di tengah malam. Andai kita sudah mengantuk sekalipun, kita tetap bisa kesulitan untuk tidur karena radiasi ini bekerja dengan kuat dan mempengaruhi otak.

Pakar kesehatan juga menyebutkan jika kita tidur dengan ponsel dekat dengan tubuh kita, maka radiasi ponsel ini bisa menjadi semacam karsinogenik yang tentu saja akan membuat kita beresiko terkena kanker cukup besar dari biasanya. Radiasi dari ponsel juga bisa ikut menyebarkan radikal bebas ke tubuh kita, khususnya ke bagian otak yang tentu akan sangat tidak sehat bagi tubuh. Karena alasan ini pulalah pakar kesehatan melarang kita tertidur dengan headset menempel di kepala.

Alih-alih menempatkannya di kasur, pakar kesehatan menyarankan kita menempatkan ponsel di meja atau lemari yang jauh dari posisi kita tidur. Selain itu, cobalah untuk menghilangkan suara dari ponsel saat kita tidur sehingga kita tidak terganggu notifikasi dari ponsel atau bahkan jika diperlukan, kita bisa mematikan ponsel ini dua jam sebelum kita tidur untuk mendapatkan kualitas tidur yang jauh lebih baik.