Jangan Langsung Menyimpan ASI Perah di Dalam Freezer

DokterSehat.Com– Bagi ibu yang tetap bekerja setelah melahirkan sang buah hati namun tetap ingin memberikan ASI eksklusif, ASI Perah atau yang kerap disebut sebagai ASIP bisa menjadi solusi. Dengan memerah susu dan menyimpannya pada botol terlebih dahulu, maka anak pun bisa selalu mendapatkan ASI yang sangat penting bagi perkembangan dan kesehatannya. Hanya saja, untuk menyimpan ASIP ini, ada baiknya ibu tidak asal melakukannya, apalagi jika langsung memasukannya ke dalam freezer setelah diperah.

doktersehat-menyusui-ibu-hamil

Menurut pakar kesehatan, ASIP yang baru saja diperah cenderung memiliki suhu yang cukup hangat. Jika kita langsung menyimpan ASIP ini ke freezer, maka perubahan suhu yang mendadak ini akan merusak kandungan gizi di dalam ASIP. Hal yang sama juga perlu kita perhatikan andai ingin mencairkan ASIP yang baru saja dikeluarkan dari freezer. Cairkan ASIP ini dengan suhu ruangan terlebih dahulu alih-alih langsung menghangatkannya karena bisa merusak kandungan gizi pada ASI.

American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan orang tua untuk menyimpan ASIP ini pada bagian bawah kulkas terlebih dahulu sebelum benar-benar disimpan pada freezer. Selain itu, andai dalam 72 jam berikutnya akan diberikan pada bayi, maka ASIP juga sebaiknya sudah disimpan pada bagian bawah kulkas. Sebagai informasi, ASIP yang disimpan pada freezer ternyata bisa bertahan dan digunakan hingga 6-9 bulan kemudian. Sementara itu, jika kita menggunakan deep freezer yang banyak dipakai untuk menyimpan es krim, ASIP bahkan bisa bertahan hingga 1 tahun.

Untuk mencairkan ASIP beku yang berasal dari freezer, ada baiknya kita memindahkan ASIP ini pada bagian bawah kulkas semalaman terlebih dahulu. Setelah itu, cairkan dengan air dengan suhu biasa yang mengalir atau dengan penghangat susu. Ada baiknya kita tidak menghangatkan ASIP ini dengan microwave karena tindakan ini bisa merusak nutrisi dan gizi dari ASIP yang sangat dibutuhkan oleh bayi.