Jangan Langsung Memakai Baju Baru!

DokterSehat.Com – Salah satu hal yang bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik adalah dengan mendapatkan baju baru. Baik itu dibeli dengan uang sendiri atau diberi oleh orang lain, baju baru akan membuat kita tidak sabar untuk segera mencobanya dengan hati riang gembira. Sayangnya, dibalik baju baru yang terbungkus rapi dan bersih di dalam plastik ini, terdapat banyak sekali bahan kimia bahan kimia yang berbahaya sehingga akan sangat tidak baik jika kita langsung kenakan begitu saja. Apa sajakah bahan kimia berbahaya yang ada pada baju baru?

doktersehat-pakaian-jemur

Jika kita mau mencermati, bau baju baru sangatlah khas dan menandakan bau dari pabrik. Selain cairan pewarna, terdapat banyak bahan kimia lain yang berasal dari pembuatan kain atau bahkan pengemasan dari baju ini. Jika kita memakai baju ini segera setelah membelinya, kita tentu beresiko mendapatkan alergi pada kulit kita. Penelitian yang dilakukan pada Stockholm University bahkan menunjukkan fakta dimana bahan-bahan kimia ini mengandung banyak racun yang berbahaya bagi tubuh dan andai dicuci sekali saja, belum tentu bahan-bahan kimia ini bisa hilang begitu saja. Beberapa orang bahkan menyebutkan jika mereka mengalami reaksi alergi layaknya gatal-gatal, peradangan, hingga kulit kering karena mencoba pakaian baru.

Pakaian baru sendiri ditengarai memilik banyak sekali bakteri di dalamnya, apalagi bagi baju-baju yang dipajang pada manekin atau rak dalam waktu yang sangat lama. Selain itu, banyaknya tangan yang memegang baju dari proses produksi dan pengepakan di pabrik hingga di toko untuk sekadar mencoba atau melihat-lihat baju juga bisa menyebabkan penularan bakteri dalam jumlah yang besar. Bahkan, penelitian yang dilakukan oleh Donald Belsito dari Columbia University Medical Center menyebutkan banyak kasus penularan kutu dan jamur yang diakibatkan oleh mencoba baju-baju pada kamar pas.

Baca Juga:  Mengenal Tipe-Tipe Kontrasepsi KB metode IUD/ Spiral

Untuk menghindari hal-hal ini, kita sebaiknya memilih baju yang masih dalam kondisi dibungkus plastik dengan rapi dengan asumsi baju ini akan lebih jarang disentuh oleh orang lain. Setelah mendapatkannya, kita sebaiknya merendam baju baru dengan deterjen dengan kandungan anti bakteri selama satu jam. Jika diperlukan, cobalah untuk mencucinya dua kali atau menggunakan air hangat. Selain itu, beberapa area baju layaknya kerah atau lipatan-lipatan harus dikucek dengan benar sehingga kuman, bakteri, jamur, hingga berbagai bahan kimia berbahaya bisa segera dihilangkan dari baju baru.