Jangan Langsung Mandi Setelah Bangun Tidur

DokterSehat.Com – Banyak sekali orang yang mengeluhkan waktu tidur yang semakin sempit dikarenakan kesibukan harian yang menyita banyak waktu setiap harinya. Sebagai contoh, warga kota besar harus rela berangkat pagi-pagi demi bisa sampai ke tempat kerja tepat waktu mengingat jarak yang jauh antara tempat kerja dan rumah tinggal. Dengan kondisi ini, banyak orang yang cenderung langsung mandi segera setelah bangun tidur agar bisa segera bersiap diri untuk berangkat ke tempat kerja. Memang, dengan langsung menyegerakan mandi, tubuh bisa menjadi lebih segar dan kantuk pun cepat hilang. Namun, mandi setelah bangun tidur ternyata bisa memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan seperti sebagai berikut.

doktersehat-mandi-dingin

Meskipun terlihat sepele, mandi setelah bangun tidur ternyata bisa membuat kaget tubuh. Kaget yang dimaksud disini adalah saraf-saraf tubuh yang cenderung kaget. Hal ini ditandai dengan kecenderungan semakin berdebarnya tubuh setelah kita mandi. Kondisi ini disebabkan karena banyak saraf yang belum mampu memberikan keseimbangan untuk bergerak namun sudah dikagetkan dengan aktifitas mandi. Tekanan darah pun cenderung akan tidak stabil dan membuat asupan darah ke bagian otak dan jantung akan berkurang. Anda tentu pernah merasa pusing atau tidak seimbang segera setelah bangun tidur, bukan? Kondisi inilah yang membuat jantung berdebar karena mencoba menstabilkan tekanan darah pada kondisi aktif setelah istirahat semalaman.

Tubuh yang rileks saat tidur disebabkan oleh adanya tekanan darah yang merata pada seluruh bagian tubuh, khususnya pada bagian otak. Saat bangun dan kita langsung menyegerakan mandi, gaya gravitasi bumi akan membuat darah cenderung akan mengalir ke arah kaki secara mendadak sehingga fungsi organ tubuh lain bisa terganggu.

Baca Juga:  Kehamilan Ektopik - Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Jangan terburu-buru untuk segera mandi setelah bangun tidur, apalagi jika anda mengalami waktu tidur yang tidak terlalu ideal, seperti saat hanya tidur dalam waktu 3-4 jam saja. Ambil waktu untuk duduk sebentar di kasur setidaknya untuk membuat tubuh menjadi lebih siap untuk berjalan dan barulah anda bisa beraktifitas di kamar mandi. Jika perlu, anda bisa melakukan relaksasi layaknya menarik nafas, melakukan peregangan, dan meminum air putih yang bisa membuat saraf terangsang untuk bangun dan beraktifitas dengan normal.