Jangan Lakukan Tips Diet Yang Salah Dan Kuno Berikut Ini

DokterSehat.Com – Tidak semua orang dianugerahi bentuk tubuh dan berat badan yang ideal. Selain itu, kebiasaan banyak orang yang kini tidak melakukan gaya hidup yang sehat pada akhirnya membuat berat badannya naik dengan tidak terkontrol. Karena alasan inilah banyak orang yang melakukan program diet penurunan berat badan untuk mendapatkan bentuk tubuh yang jauh lebih ideal. Sayangnya, banyak saran diet yang justru dikenal oleh masyarakat yang kini tidak lagi relevan untuk dipakai. Apa sajakah tips diet yang sudah dianggap kuno, tersebut?

doktersehat-wanita-susah-kurus-diet

Tips diet pertama yang cukup populer namun kuno adalah dengan lebih sering mengkonsumsi makanan rumah daripada makanan di luar. Memang, makanan yang ada di warung-warung atau restoran seringkali memiliki kandungan lemak atau gula yang cukup tinggi, apalagi jika kita memesannya di restoran makanan cepat saji. Hanya saja, pakar kesehatan justru menyebutkan jika makanan dari luar rumah sebenarnya hanya menyumbang 17 hingga 26 total kalori harian yang kita butuhkan, apalagi jika kita memesannya di warung makanan yang banyak menyediakan sayuran. Kebanyakan bahan makanan yang tersedia di warung dan di rumah kita juga berasal dari tempat yang sama sehingga asupan nutrisinya pun akan cenderung sama saja.

Tips diet berikutnya adalah kita sebaiknya tidak menurunkan berat badan terlalu cepat karena bisa membuat tubuh kita akan lebih mudah naik kembali. Hal ini ternyata sangat tidak benar. Penelitian yang dilakukan oleh University of Florida pada mereka yang menurunkan berat badan dengan sangat cepat dan juga yang cenderung pelan-pelan ternyata menghasilkan fakta dimana mereka yang menurunkan berat badan yang cukup cepat akan mampu mempertahankan berat badan hingga setidaknya satu setengah tahun mendatang. Hanya saja, pastikan bahwa kita tidak mengkonsumsi kalori terlalu rendah setiap harinya yang tentu bisa memicu tubuh kita terasa lesu dan lemas.

Baca Juga:  Awas, Kurang Minum Bisa Memicu Sakit Pinggang

Banyak orang yang ingin diet disarankan untuk tidak melewatkan sarapan sama sekali. Padahal, penelitian terbaru justru menunjukkan jika mereka yang melewatkan sarapan justru tidak membuat pengaruh negatif pada program dietnya. Memang, sarapan akan membuat kita menjadi lebih kenyang dan menghindarkan kita dari konsumsi jajanan yang kurang sehat. Namun, asalkan kita juga mampu memilih jajanan yang sehat dengan gizi yang seimbang, maka kita pun bisa menurunkan berat badan dengan cepat dan sehat.