Jangan Lakukan Kebiasaan ini Di Toilet

DokterSehat.Com – Toilet adalah salah satu tempat yang sangat penting bagi kesehatan kita. Bagaimana tidak, tanpa adanya toilet, kita akan kesulitan mencari tempat untuk buang air, baik itu buang air kecil maupun buang air besar. Toilet akan dengan mudah ditemui di hampir semua tempat tinggal, baik itu yang ditempatkan sendiri atau yang ditempatkan bersama dengan kamar mandi. Sayangnya, kita memiliki kecenderungan untuk melakukan beberapa kebiasaan yang sangat buruk di toilet. Apa sajakah kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut?

doktersehat-toilet-ambeien-wasir-buang-air-besar-lancar-bab-Inkontinensia-Usus-kencing-berdarah

Dikarenakan kita kerap kali menggabungkan kamar mandi dengan toilet, kita juga akan menyimpan banyak peralatan mandi, khususnya sikat gigi, di dalam kamar mandi yang juga berisi toilet ini. Padahal, pakar kesehatan menyebutkan jika akan ada banyak kuman dan bakteri yang berasal dari toilet yang berpotensi menempel pada sikat gigi, apalagi jika kita tidak menempatkannya di dalam lemari khusus yang tertutup. Pakar kesehatan menyarankan kita menempatkan sikat gigi di luar toilet atau di dalam lemari tertutup saja agar tidak terpapar kuman dan bakteri tersebut.

Kita juga akan cenderung menempatkan handuk di dalam kamar mandi atau toilet dengan alasan akan lebih mudah digapai kapan saja. Selain membuatnya lebih mudah terpapar bakteri adan kuman, kita juga akan membuat handuk tidak mudah kering dan lebih lama dalam kondisi yang basah. Selain bisa memicu bau yang kurang sedap, handuk ini juga bisa menjadi sarang bakteri dan jamur yang tentu kurang baik bagi kesehatan kita, bukan?

Meskipun penggunaannya masih belum sebanyak toilet jongkok, kita akan dengan mudah menemukan toilet duduk, khususnya di tempat umum. Sayangnya, karena kurangnya pengetahuan, banyak dari kita yang tidak tahu bahwa saat kita memencet tombol flush setelah buang air besar, ada baiknya kita menutup terlebih dahulu tutup toilet. Jika masih dalam kondisi terbuka, kuman dan bakteri bisa saja ikut melompat keluar dan menempel ke berbagai benda di toilet saat proses flush berlangsung.