Jangan Lakukan Kebiasaan Buruk Ini Pada Usia 20an

DokterSehat.Com – Usia 20 tahunan biasanya dianggap sebagai usia muda yang penuh dengan gairah dan kebahagiaan. Banyak orang menemukan jati dirinya pada usia ini dan melakukan eksplorasi pada hobi atau melakukan berbagai hal yang mereka suka. Sayangnya, pada usia ini juga banyak orang yang melakukan hal-hal yang kurang baik untuk kesehatan layaknya begadang atau bahkan suka menenggak minuman keras. Pakar kesehatan menyebutkan jika usia 20 tahunan adalah tonggak pertama bagi kita untuk memulai gaya hidup sehat sehingga kita tidak akan mudah untuk terkena penyakit berbahaya di usia yang lebih tua. Oleh karena itu, ada baiknya kita tidak melakukan hal-hal buruk berikut ini saat usia kita masih 20an.

doktersehat-penyakit-hati-alkoholik-jantung

Begadang atau Kurang Tidur
Banyaknya pekerjaan yang dilakukan hingga lembur malam atau bahkan sekadar bermain game hingga larut malam kerap kali dilakukan mereka yang masih berusia 20 tahunan. Padahal, tidur 7-8 jam setiap harinya adalah salah satu kunci mendapatkan tubuh yang sehat dan terbebas dari berbagai macam penyakit. Ada baiknya kita mulai menata jam tidur dengan lebih baik agar badan tetap sehat.

Merokok dan Menenggak Alkohol
Karena ingin terlihat keren atau sekadar ingin melakukan hal yang sama dengan lingkungan sosial, banyak dari mereka yang berusia 20an menjadi perokok dan suka meminum alkohol. Padahal, rokok memiliki kandungan beracun yang bisa membuat kita terkena berbagai penyakit berbahaya layaknya kanker, penyakit jantung, masalah seksualitas, dan penyakit lainnya. Tak hanya itu, terlalu banyak meminum alcohol juga akan sangat beresiko bagi organ-organ dalam tubuh kita layaknya hati, jantung, atau bahkan otak. Hentikan kebiasaan ini dengan segera agar kita tidak mudah terkena penyakit-penyakit mengerikan tersebut.

Baca Juga:  Peneliti Mengalami Kemajuan Dalam Menciptakan Vaksin Terbaik yang Bisa Mengatasi HIV

Melewatkan Sarapan
Banyak orang di usia ini malas melakukan sarapan karena harus mengejar waktu untuk sampai di tempat kerja atau karena bangun siang. Padahal, melewatkan sarapan akan membuat tubuh kita lesu sepanjang hari karena tidak adanya asupan energy yang cukup. Tak hanya itu, melewatkan sarapan bisa memicu masalah kelebihan berat badan.

Tidak Suka Sayuran
Usia 20an adalah masa dimana banyak orang mengeksplorasi berbagai rasa masakan yang enak di berbagai tempat. Namun, hal ini justru membuat mereka jarang mengkonsumsi sayuran. Ingatlah bahwa pola makan yang sehat dan seimbang adalah kunci untuk mendapatkan tubuh yang sehat setiap saat.