Jangan Lakukan Ini Pada Rambut Kering

DokterSehat.Com – Salah satu masalah rambut yang bisa membuat frustrasi banyak orang adalah memiliki rambut yang kering. Bagaimana tidak, rambut kering akan berimbas pada masalah kesehatan rambut lainnya layaknya rambut bercabang, munculnya ketombe, hingga masalah kerontokan dan kebotakan yang tentu akan membuat kita semakin frustrasi. Pakar kesehatan menyebutkan jika ada banyak sekali faktor yang membuat seseorang memiliki rambut kering; dari yang berupa faktor keturunan, kecenderungan rambut kerap terkena polusi dan debu, hingga kurangnya konsumsi cairan dalam sehari. Jika kita memiliki masalah rambut kering ini, ada baiknya kita tidak melakukan hal-hal berikut yang bisa membuat masalah rambut kering menjadi semakin parah.

doktersehat-wanita-poni-face-muka-rambut

Hal pertama yang sangat tidak disarankan jika kita memiliki rambut kering adalah memakai mesin pengering rambut setelah kita berkeramas. Bagaimana tidak, rambut yang sudah cukup kering kembali dikeringkan dengan mesin pengering akan membuatnya menjadi semakin tidak sehat dan susah untuk diatur. Ada baiknya kita membiarkan rambut untuk mengering dengan sendirinya agar masalah rambut kering tidak semakin parah. Selain itu, ada baiknya kita juga tidak memakai alat pelurus rambut atau catok karena berpotensi membuat rambut yang sudah kering mengalami kerusakan yang parah dan bisa berujung pada kerontokan.

Mandi air panas, khususnya jika dipakai untuk berkeramas ternyata juga sangat tidak disarankan bagi kita yang memiliki masalah rambut kering. Air panas akan membuat rambut yang sudah kering akan semakin mengering dan sel-sel rambut justru ikut mengalami kerusakan parah. Hasilnya? Rambut bisa mengalami masalah pecah-pecah. Selain itu, jika kita memakai produk shampoo, kondisioner, dan berbagai produk perawatan rambut lain dengan berlebihan justru akan semakin memperparah masalah rambut kering karena rambut justru akan rusak terkena paparan bahan kimia berlebihan.

Baca Juga:  Obesitas Pada Anak yang mencemaskan

Hal terakhir yang sangat tidak disarankan bagi kita yang memiliki rambut kering adalah dengan membiarkan rambut terkena paparan polusi, panas, hingga debu saat bepegian. Paparan polusid an debu ini akan semakin memperparah masalah rambut kering kita.