Jangan Lakukan Hal ini Setelah Makan

DokterSehat.Com– Masyarakat modern cenderung memiliki rutinitas harian yang cukup padat sehingga membuat mereka melakukan berbagai hal dengan cepat atau bahkan terburu-buru. Sebagai contoh, banyak dari kita makan dengan waktu yang cenderung cepat karena terburu waktu. Setelah makanpun, kita cenderung segera melakukan berbagai aktifitas lain tanpa memberikan kesempatan bagi perut untuk beristirahat atau menenangkan diri. Padahal, menurut pakar kesehatan, ada beberapa aktifitas yang sebaiknya tidak kita lakukan setelah makan. Apa sajakah aktifitas tersebut?

doktersehat-suap-makan-pasangan

Tidur
Perut yang kenyang memang bisa membuat kita mengantuk. Namun, jika kita melayani rasa kantuk ini dan segera tertidur, maka kita pun akan bisa lebih mudah mengalami kenaikan berat badan. Tak hanya itu, kebiasaan tidur setelah makan juga bisa menyebabkan masalah kesehatan layaknya heartburn atau naiknya asam lambung yang tentu membuat perut, dada, dan kerongkongan menjadi tidak nyaman. Pakar kesehatan bahkan menyebutkan peningkatan resiko terkena stroke andai kita kerap melakukannya. Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita memberi jeda 2 jam sebelum benar-benar tidur.

Minum teh
Kebiasaan ini juga sering dilakukan masyarakat tanah air, khususnya saat makan di luar rumah. Menurut pakar kesehatan, minum teh setelah makan bisa mengganggu proses distribusi zat besi pada tubuh. Bagi ibu hamil, terganggunya distribusi zat besi bisa mempengaruhi kesehatan kandungannya. Untuk menghindari hal ini, ada baiknya kita memberikan jeda satu jam antara makan dan minum teh.

Merokok
Sudah menjadi rahasia umum jika merokok adalah salah satu kebiasaan yang sangat tidak sehat dan harus dihindari. Namun, merokok setelah makan juga bisa menyebabkan terganggunya penyerapan vitamin dan mineral sehingga sebaiknya tidak kita lakukan.

Baca Juga:  Kebiasaan Setelah Makan Ini Sangat Berbahaya, Nomor 3 Sangat Sering Kita Lakukan

Mandi
Beberapa orang memilih untuk makan terlebih dahulu sebelum mandi. Sayangnya, kebiasaan ini bisa membuat proses pencernaan terganggu sekaligus membuat sistem metabolisme tubuh melambat. Cobalah untuk memberikan jeda 30 menit antara makan dan juga mandi demi menghindari hal tersebut.

Olahraga
Berolahraga dengan kondisi perut yang kenyang bisa mengganggu proses pencernaan sekaligus membuat perut terasa sangat tidak nyaman.