Jangan Lakukan Hal Ini Saat Sedang Menstruasi

DokterSehat.Com– Setiap bulannya kaum hawa tentu harus mengalami fase menstruasi. Saat menstruasi ini tiba, maka tubuh wanita bisa menjadi tidak nyaman karena munculnya kram, perut yang terasa kembung, atau bahkan perubahan mood terus-menerus. Untuk mengatasi berbagai masalah menstruasi ini, pakar kesehatan pun menyarankan wanita untuk mengkonsumsi air hangat, melakukan olahraga ringan, hingga makan cokelat. Tak hanya itu, ada baiknya wanita yang sedang menstruasi juga tidak melakukan berbagai hal ini.

doktersehat-sakit-peut-mens-pms

Telat makan
Salah satu bagian tubuh yang paling terasa tidak nyaman saat menstruasi adalah perut. Jika wanita yang sedang menstruasi juga telat makan, maka perut tentu akan semakin terasa tidak nyaman. Tak hanya itu, saat menstruasi, wanita juga membutuhkan lebih banyak energi agar bisa melakukan berbagai aktifitas dengan normal. Karena alasan inilah ada baiknya wanita yang sedang haid mengkonsumsi makanan yang bergizi tepat waktu.

Makan junk food
Mengkonsumsi junk food atau makanan cepat saji adalah hal yang sangat buruk bagi wanita yang sedang menstruasi. Meskipun terasa nikmat, makanan-makanan ini memiliki kandungan garam yang sangat tinggi sehingga bisa membuat masalah perut kembung menjadi semakin parah.

Kurang tidur
Ada baiknya wanita yang sedang menstruasi tidak begadang atau kurang tidur karena tubuh sedang membutuhkan waktu istirahat yang sedang optimal. Jika tidak, maka saat bangun keesokan paginya tubuh akan semakin terasa tidak karuan.

Mengkonsumsi minuman bersoda
Baik itu saat dalam fase menstruasi ataupun tidak, ada baiknya memang minuman bersoda kita hindari karena tidak baik untuk kesehatan tubuh. Hanya saja, menurut pakar kesehatan, andai minuman ini dikonsumsi saat menstruasi, dikhawatirkan kandungan minuman ini membuat ada darah yang tertinggal pada dinding rahim sehingga meningkatkan resiko terkena kista atau sel kanker.

Baca Juga:  Sedang Haid? Hindari Hal-Hal Berikut Agar Tubuh Nyaman

Makan mentimun
Ada baiknya konsumsi mentimun tidak dilakukan saat menstruasi karena bisa semakin membuat tubuh terasa tidak nyaman.