Jangan Lakukan Hal Ini Saat Flu dan Batuk

DokterSehat.Com– Salah satu penyakit yang paling sering menyerang manusia adalah flu dan batuk. Karena alasan inilah penyakit ini kerap dianggap sebagai penyakit ringan. Padahal, dalam realitanya penyakit ini bisa mengganggu aktifitas harian kita. Jika kita terkena dua penyakit ini, ada baiknya menghindari berbagai hal berikut ini agar penyakit ini tidak memburuk dan bisa segera sembuh.

doktersehat-flu-pilek-infeksi-otak

Merokok
Merokok atau bahkan hanya menjadi perokok pasif ternyata bisa memperburuk flu dan batuk. Hal ini disebabkan oleh kandungan asap rokok yang memang bisa membuat infeksi pada saluran pernafasan. Karena alasan inilah ada baiknya memang kita menghindari asap rokok saat terkena kedua penyakit ini.

Malas mencuci tangan dengan sabun
Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun, apalagi jika kita kerap menutup muka dengan tangan saat bersin atau batuk. Kita tidak akan pernah tahu benda apa saja atau siapa saja yang kita pegang sehingga tangan yang kotor dan penuh dengan kuman atau virus penyebab batuk atau flu ini bisa saja menjadi awal penyebaran penyakit ini.

Kurang minum dan malas makan
Flu dan batuk memang bisa menurunkan nafsu makan dan membuat kita hanya ingin malas-malasan saja. Sayangnya, hal ini bisa membuat kita kurang minum dan malas makan. Padahal, saat sakit inilah tubuh membutuhkan asupan cairan lebih banyak dan nutrisi sehat dari makanan agar sistem kekebalan menjadi lebih kuat dan kita pun akan menjadi lebih cepat sembuh.

Minum kopi
Meskipun sangat nikmat dan bisa menghangatkan tubuh, minum kopi bisa membuat kita mengalami dehidrasi dan memperparah flu atau batuk.

Terlalu bergantung pada obat
Flu dan batuk sebenarnya bisa diatasi dengan beberapa bahan alami sehingga kita tidak perlu benar-benar mengkonsumsi obat kimia. Jika setelah diobati dengan bahan alami flu dan batuk tidak kunjung sembuh, segeralah mendatangi dokter agar bisa mendapatkan obat yang tepat.