Jangan Lakukan Hal Ini Pada Bayi Yang Baru Lahir

DokterSehat.Com – Setiap keluarga tentu akan merasakah kebahagiaan jika mendapati adanya anggota keluarga yang baru saja lahir. Bayi yang masih dalam keadaan imut dan lemah ini tentu akan segera diberikan curahan kasih sayang yang maksimal dari orang tua, keluarga, kawan-kawan, atau bahkan dari para tetangga. Sayangnya, cara mengungkapkan kasih sayang pada bayi terkadang bisa berdampak kurang baik bagi kesehatan sang bayi. Ada baiknya kita tidak melakukan hal-hal ini pada bayi yang baru saja lahir.

doktersehat-sifilis-kongenital-bayi-Harlequin-Ichthyosis-mikrosefali

Hal pertama yang sangat kerap dilakukan tatkala melihat bayi yang baru lahir adalah dengan menciumi sang bayi. Memang, hampir semua orang akan gemas melihat bayi yang baru saja lahir sehingga ingin menciumnya. Namun, cobalah anda bayangkan akan ada berapa banyak orang yang mencium bayi yang baru saja lahir tanpa kita ketahui mereka telah melakukan kegiatan apa saja. Ciuman dari orang-orang pada bayi ternyata beresiko membawa berbagai kuman dan penyakit. Yang menjadi masalah adalah, sistem imunitas tubuh pada bayi yang baru lahir sama sekali belum sempurna sehingga ciuman ini bisa memicu penyakit bagi bayi. Meskipun terlihat kurang sopan, cobalah untuk mencegah bayi untuk mendapatkan ciuman dari siapapun untuk menghindari bayi terkena berbagai penyakit.

Mitos berikutnya yang dipercaya oleh masyarakat adalah bayi akan selalu merasa kedinginan dan harus diberi pakaian setebal mungkin. Meskipun kondisi cuaca saat itu adalah di tengah hari yang cukup panas. Memang, bayi memiliki kecenderungan untuk lebih mudah merasa kedinginan. Namun, jangan memberi baju dengan berlebihan karena bisa memicu bayi mengalami dehidrasi. Berikanlah baju dengan semestinya saja asalkan bisa melindungi tubuh bayi dengan baik tanpa membuatnya merasa kepanasan.

Baca Juga:  Cara Membaca Kode Stiker Angka Buah Impor di Supermarket

Kadangkala kita juga membiarkan popok bayi berada dalam posisi kotor karena malas mencucinya dan menganggap bayi toh juga akan mengotorinya lagi. Hal ini ternyata bisa berdampak buruk bagi kesehatan kulit bayi. Saat bayi buang air besar atau buang air kecil di popok, segeralah ganti popok bayi dengan yang lebih bersih dan kering. Selain membuat rasa nyaman pada bayi, hal ini jelas akan mencegah berbagai penyakit, khususnya penyakit kulit mendatangi sang bayi.