Jangan Lakukan Hal Ini Ketika Sakit Leher

DokterSehat.Com – Mengalami rasa sakit di leher memang sudah menjadi persoalan yang tumbuh di era masa kini. Dan tentunya hal demikian kerap sekali mengganggu akan rutinitas dan produktifitas kerja bagi kebanyakan orang yang mengalaminya. Sehingga menjadikan kinerja mereka pun tidak dapat berjalan maksimal seperti sediakala.

3117187373_ed98fdeef1_o

Terkadang juga sebagian orang akan menganggap remeh bila mereka mengalami rasa sakit di bagian leher ini. Karena anggapan mereka bahwa sakit di bagian leher memang sudah menjadi suatu hal yang umum terjadi. Padahal bila dilihat dari berbagai sisi, rasa sakit atau nyeri di leher tidak hanya sekedar menjadi persolan yang umum saja. Dimana terjadinya sakit yang seperti ini, juga bisa disebabkan oleh terjadinya pembengkakan di sekitar area leher tersebut. Sehingga hal demikian juga akan bisa menghantarkan pada persolan yang serius. Layaknya pembengkakan kelenjar getah kuning, bengkak dileher akibat pembengkakan kelenjar ludah atau kerap disebut dengan gondongan, masalah difteri, dan gangguan lainnya.

Oleh sebab itu, bagi anda semua yang mengalami rasa sakit atau nyeri di leher, setidaknya anda bisa terlebih dahulu menghindari akan beberapa hal yang menjadikan sakit di leher ini semakin parah. Selain mengkonsumsi ramuan atau obat dalam menanggulangi rasa sakit di leher, ketahui juga hal yang perlu dihindari ketika mengalami sakit leher.

• Melakukan aktifitas yang terlalu banyak gerakan leher
Disaat sedang mengalami sakit atau nyeri di bagian leher, Hendaknya untuk sementara waktu anda bisa mengurangi aktivitas yang membutuhkan terlalu banyak gerakan leher. Layaknya berkendara motor atau mengemudi memang sangat banyak gerakan leher yang dibutuhkan. Maka agar sakit di leher ini bisa sembuh dengan cepat dan efektif, kurangilah aktivitas yang terlalu banyak membutuhkan gerakan leher.

• Kebiasaan membungkuk
Mengalami rasa nyeri di leher memang cukup membuat diri harus selalu memperhatikan akan setiap posisi dan postur dengan tepat. Seringkali posisi leher yang kurang tepat dapat memperparah rasa sakit di leher. Layaknya membungkuk dan cenderung leher melakukan tekanan ke bawah, sehingga rasa nyeri di leher pun tidak kunjung mereda. Dengan adanya hal tersebut, setidaknya anda bisa menjaga posisi leher dan menentukan posisi terbaik agar rasa sakit di leher bisa segera sembuh.

Baca Juga:  Jangan Abaikan Telinga yang Berdenging

• Tergantung pada perawatan pasif
Selain mengatasi sakit di leher dengan mengkonsumsi ramuan atau obat-obatan. Setidaknya anda jangan tergantung dengan adanya obat-obatan yang anda konsumsi. Supaya rasa sakit di leher ini bisa tertanggulangi secara tepat, hendaknya anda juga bisa menyelingi dengan melakukan gerakan terapi untuk menyembuhkan rasa nyeri di leher tersebut. Layaknya pijatan ringan di bagian leher agar bisa melancarkan aliran darah di area leher, atau melakukan gerakan leher ke atas dan ke bawah. Dengan begitu, rasa nyeri dan sakit di bagian leher bisa dengan mudah dan cepat teratasi.

• Menggunakan banyak bantal di waktu tidur
Disaat leher anda terasa sakit, setidaknya anda bisa menggunakan tidak lebih dari satu bantal. Dan ingat, bagian leher anda memang terdiri dari beberapa tulang yang berbentuk kurva ke depan, atau juga kerap disebut dengan istilah Lordosis. Sementara jika anda menggunakan terlalu banyak bantal yang menumpuk ketika mengalami rasa sakit di leher, maka hal demikian malah akan meningkatkan tekanan pada leher, terutama pada daerah sendi, cakram, dan otot leher. Sehingga alangkah baiknya bila anda menggunakan satu bantal, atau menggunakan jenis bantal roll serviks untuk membantu kurva maju ke depan. Sehingga tidur anda pun bisa menjadi lebih nyaman.

• Membiarkan rasa sakit itu hilang sendirinya
Sebagian orang yang menderita nyeri di bagian leher, terkadang sering menunggu rasa sakit tersebut hilang dengan sendirinya. Namun hal demikian bukanlah suatu kebiasaan yang tepat. Segera mengambil langkah antisipasi dan penanggulangan merupakan suatu hal yang sangat dianjurkan, agar rasa sakit di leher bisa segera teratasi. Sehingga tidak mengganggu rutinitas sehari-hari anda. Oleh karena itu, segera mengambil tindakan untuk mengatasinya memang menjadi suatu langkah baik bagi anda.

BACA JUGA : Setelah Berhubungan Intim Baru Suntik KB Apa Masih Bisa Hamil?