Jangan Lakukan Hal Ini di Pagi Hari Jika Ingin Tetap Sehat

DokterSehat.Com – Tahukah anda jika suasana hati saat pagi hari atau hal pertama yang kita lakukan setelah bangun pagi ternyata bisa berpengaruh pada semangat dan kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya tidak kita lakukan di pagi hari jika ingin tetap sehat.

doktersehat-kasur-bangun-tidur-sehat-wanita

Langsung melakukan olahraga
Berolahraga secara rutin memang bisa membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Hanya saja, pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak langsung melakukan olahraga saat baru saja bangun tidur. Pada saat ini, tubuh masih belum benar-benar berada dalam kondisi yang siap untuk melakukan aktifitas fisik yang berat sehingga jika kita langsung berolahraga, dikhawatirkan kita pun akan beresiko terkena cedera.

Tidak melakukan sarapan pagi
Banyak orang yang malas untuk melakukan sarapan pagi. Padahal, sarapan adalah waktu makan yang sangat penting jika kita ingin menjaga kesehatan tubuh. Tidak sarapan akan membuat kita lebih beresiko terkena maag atau obesitas. Selain itu, kita juga tidak akan mendapatkan energi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan berbagai aktifitas.

Langsung bangun tanpa melakukan peregangan
Setelah membuka mata, jangan langsung bangun dari kasur. Lakukanlah peregangan pada tubuh secara perlahan terlebih dahulu sebelum benar-benar bangun dari kasur. Hal ini akan membuat otot menjadi lebih rileks dan nyaman untuk melakukan berbagai hal.

Tidak minum air putih
Setelah bangun tidur, segeralah mengkonsumsi air putih hangat yang bisa membantu proses pengeluaran racun di dalam tubuh. Kebiasaan baik ini juga bisa membantu organ hati tetap bersih dan sehat.

Langsung minum kopi
Banyak orang yang langsung minum kopi setelah bangun tidur dengan harapan bisa menghilangkan kantuk dan menambah semangat. Sayangnya, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada baiknya kita tidak minum kopi pada jam 8 hingga 9 pagi. Pada jam tersebut, tubuh secara alami mengeluarkan hormon kortisol. Jika kita minum kopi, maka hormon kortisol dalam tubuh akan meningkat tajam dan membuat kita lebih mudah stress.