Jangan Lakukan Hal ini di Awal Program Diet Agar Berat Badan Berhasil Turun

DokterSehat.Com – Jika kita ingin menurunkan berat badan kita tentu harus melakukan banyak hal secara konsisten untuk beberapa waktu. Sebagai contoh, kita tentu harus berhenti mengkonsumsi makanan-makanan tidak sehat layaknya gorengan, makanan berlemak, kue, atau makanan kaya gula lainnya. Sayangnya, kebanyakan orang hanya berpikir bahwa andai ingin berat badan turun, maka kita harus mengurangi asupan kalori dalam makanan secara drastis. Memang, hal ini akan mampu membantu menurunkan berat badan, namun, kebanyakan orang justru terlalu terburu-buru dalam memangkas asupan kalori di awal program diet sehingga yang terjadi adalah berat badan mereka sulit untuk turun.

doktersehat-diet-apel-roti-gandum-salad

Banyak orang yang secara tiba-tiba langsung menurunkan asupan kalori makanan dengan drastis. Andai kita mengubah porsi makanan dengan signifikan, bisa jadi tubuh akan kaget dan tersiksa karenanya. Pakar diet bahkan menyebutkan jika tubuh bisa kelaparan dan stress sehingga justru akan membuat kita ingin mengkonsumsi makanan dengan porsi yang tidak terkontrol di lain waktu. Selain itu, tubuh juga akan memilih untuk mengambil massa otot sebagai sumber energi, bukannya lemak pada tubuh. Alih-alih lemak akan terkikis, kita justru hanya akan merasa lemas karena hal ini.

Pakar gizi menyarankan kita untuk menurunkan asupan kalori makanan secara sedikit demi sedikit. Berikan waktu setidaknya seminggu untuk melakukannya sehingga tubuh pun akan menyesuaikan diri dengan pola makan yang baru. Sedikit demi sedikit asupan gula dan garam juga dikurangi sehingga tubuh tidak merasakan perbedaan rasa makanan secara signifikan. Meskipun akan menghabiskan waktu cukup lama, pelan-pelan tubuh akan terbiasa dengan pola makan ini dan berat badan pun akan berangsur menurun.

Pakar diet menyebutkan jika kunci dari menurunkan berat badan adalah konsisten dalam melakukan gaya hidup sehat, khususnya dalam hal pola makan dan juga rutinitas olahraga. Memang, kita harus bersabar mengingat berat badan tidak bisa segera turun dengan cepat. Namun, dengan melakukannya dengan sabar, maka hasil program diet tentu akan menggembirakan.