Jangan Lakukan Hal ini Andai Perut Kita Masih Kosong

DokterSehat.Com – Tahukah anda jika kita juga kerap melakukan aktifitas dengan perut yang masih kosong. Sebagai contoh, banyak dari kita yang melakukan aktifitas normal saat bulan puasa, atau saat baru saja bangun tidur dimana perut memang masih belum melakukan aktifitas apapun. Meskipun sebenarnya tidak memberikan dampak yang besar bagi kesehatan tubuh, pakar kesehatan sebenarnya menyarankan kita untuk tidak melakukan beberapa hal ini saat perut sedang kosong. Apa sajakah kegiatan-kegiatan tersebut?

doktersehat-sakit-perut-wanita-mens-menstruasi-datang-bulan-stomachache-tipes-tifus

Minum Obat
Pernah melihat label obat yang harus dikonsumsi saat perut dalam kondisi terisi? Memang, ada sebagian kecil obat yang bisa diminum dalam kondisi perut yang kosong namun sebagian besar obat sebaiknya diminum setelah kita makan. Pakar kesehatan menyebutkan jika dengan meminum obat setelah makan akan membuat kita menurunkan resiko terkena iritasi lambung dan masalah pencernaan lainnya. Tak hanya itu, makanan juga akan membuat penyerapan obat bisa berlangsung dengan lebih baik.

Menaiki Kendaraan
Tahukah anda jika kita naik mobil atau kendaraan umum dengan kondisi perut yang kosong akan membuat kita mudah mengalami mual-mual dan muntah atau yang disebut sebagai motion sickness. Kita sebaiknya mengisi perut terlebih dahulu, atau setidakya mengkonsumsi makanan ringan sebelum bepergian dengan kendaraan agar terhindar dari masalah tersebut.

Berolahraga
Berolahraga dengan perut kosong tidak akan membuat kita membakar kalori lebih banyak. Yang terjadi adalah, kita akan membakar otot dan membuatnya menyimpan lebih banyak lemak di lain waktu. Ada baiknya kita makan meskipun sedikit sebelum berolahraga dan andai belum makan, ada baiknya kita melakukan olahraga ringan saja.

Minum Kopi
Meminum kopi atau teh sebelum tidur akan bisa memicu kenaikan asam lambung pada perut yang tentu akan membuat pencernaan kita tidak nyaman. Tak hanya itu, pelepasan cairan usus juga akan lebih tertekan dan membuat cairan empedu lebih berkurang sehingga nafsu makan kita juga ikut menurun.