Jangan Lakukan Hal-Hal Berikut Sebelum Berolahraga

DokterSehat.Com – Berolahraga dengan rutin tentu akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan lebih bugar. Dengan melakukan olahraga, kita bisa membakar banyak kalori dan memperlancar peredaran darah sehingga banyak organ tubuh yang menjadi lebih sehat. Selain itu, tulang dan persendian pun menjadi semakin terlatih sehingga bisa tetap kuat hingga tua nanti. Sebelum kita berolahraga, kita tentu harus melakukan persiapan dengan baik layaknya melakukan pemasan dan juga menghindari beberapa kegiatan yang kurang baik untuk aktifitas olahraga seperti sebagai berikut.

doktersehat-lari-hilangkan-stres

Banyak orang yang meminum banyak air sebelum berolahraga dengan alasan tidak ingn mengalami dehidrasi karena banyaknya cucuran keringat. Hal ini ternyata akan kurang baik jika dilakukan sebelum berolahraga. Cairan yang kita minum justru akan menumpuk di saluran pencernaan pada perut dan bisa membuat kita mengalami kram atau mual-mual saat berolahraga. Kita bisa minum satu gelas air saja agar tidak mengalami dehidrasi saat berolahraga. Selain minum berlebihan, jika kita memakan makanan berat sebelum olahraga, bisa jadi kita akan merasa mual saat melakukan latihan. Asupan terbaik sebelum olahraga adalah dengan memakan roti gandum panggang atau yoghurt tiga puluh menit sebelum mulai berolahraga. Hanya saja, ada baiknya menghindari makanan tinggi serat layaknya sereal karena saluran pencernaan akan sulit mengubahnya menjadi energi. Makanan kaya serat justru akan membuat banyak gas yang membuat kita tidak nyaman saat berolahraga.

Beberapa orang mengkonsumsi kopi sebelum berolahraga agar bisa terjaga dan memiliki energi yang lebih baik. Hanya saja, pastikan bahwa konsumsi kopi sebelum latihan tidak terlalu banyak karena bisa jadi akan membuat saluran pencernaan terganggu saat berolahraga dan akan membuat kita mudah ingin buang air kecil atau mengalami sakit perut yang tentu akan membuat latihan olahraga berjalan dengan tidak maksimal.