Jangan Lakukan 3 Hal Ini Setelah Makan

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang cenderung mengantuk dan kemudian tidur setelah melakukan makan siang atau makan malam. Memang, kita akan lebih mudah mengantuk setelah makan besar. Namun, jika kita menuruti rasa kantuk ini dan kemudian tertidur, bisa jadi makanan dan asam lambung akan kembali naik ke kerongkongan sehingga memicu rasa tidak nyaman dan perih di sekitar dada.

doktersehat-makan-bersama

Tak hanya kebiasaan tidur setelah makan, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada baiknya menghindari 3 kebiasaan ini setelah makan yang kerap dilakukan berikut ini karena tidak baik bagi tubuh kita.

Makan buah
Cukup banyak orang yang langsung mengkonsumsi buah sebagai hidangan pencuci mulut setelah makan buah. Dengan mengkonsumsinya, diharapkan kita bisa mendapatkan nutrisi baik dari buah tersebut. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, buah sebaiknya tidak dikonsumsi setelah makan. Jika kita melakukannya, maka usus akan mengalami efek fermentasi dan memicu produksi gas yang berlebihan. Alhasil, kita akan mengalami masalah perut kembung atau begah.

Pakar kesehatan sendiri lebih merekomendasikan konsumsi buah satu atau dua jam sebelum makan besar. Cara ini juga disebut-sebut bisa membuat kita tidak mengkonsumsi makanan secara berlebihan sehingga akan membantu menjaga berat badan tetap ideal.

Berolahraga
Berolahraga setelah makan akan membuat perut mengalami sensasi tidak nyaman berupa mual-mual, muntah, hingga rasa nyeri. Organ pencernaan juga akan kehilangan kemampuan untuk mencerna makanan dengan baik.

Minum teh
Banyak orang yang memilih untuk minum teh setelah makan. Padahal, dengan melakukannya, kita akan membuat proses penyerapan nutrisi dari beberapa jenis makanan akan terganggu. Sebagai contoh, tubuh tidak akan menyerap zat besi dengan maksimal yang tentu bisa membuat kita lebih beresiko terkena anemia.