Jangan Khawatir Jika ASI Tak Kunjung Keluar

DokterSehat.Com – Melahirkan sang buah hati adalah salah satu masa dimana Ibu merasakan kebahagiaan tiada tara. Ia pun akan berusaha sebisa mungkin memberikan yang terbaik bagi anaknya untuk memastikan anak bisa tumbuh dengan baik dan sehat. Salah satu caranya adalah dengan memberikan asupan ASI eksklusif pada enam bulan pertama kehidupan sang buah hati. ASI memang memiliki semua yang dibutuhkan oleh bayi untuk sehat dan tumbuh dengan sempurna. Namun, bagaimana jika ASI tak kunjung keluar dari payudara sang ibu?

doktersehat-asi-ibu-menyusui-anak-cerdas

Banyak ibu yang merasa panik saat payudaranya tak kunjung memproduksi ASI meskipun Ia sudah melakukan berbagai cara. Sayangnya, rasa panik dan sedih tiada tara karena tidak mampu memberikan ASI terbaik bagi buah hatinya justru akan membuat masalah ini semakin buruk. Pakar kesehatan Nia Umar yang berasal dari Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) menyebutkan jika ibu tidak perlu merasa khawatir akan produksi ASInya, memang, pada awalnya akan sulit, namun, seiring dengan waktu ASI akan segera keluar dan bisa dinikmati sang buah hati.

Nia menyebutkan jika banyak ibu yang berpikir bahwa produksi ASI itu selalu lancar layaknya kita membuka keran air. Padahal, dalam realitanya ASI akan keluar sedikit demi sedikit. Banyak kasus dimana ibu yang melahirkan hanya mampu memproduksi satu atau dua sendok the ASI saja. Menurut beliau, yang utama adalah ibu tidak putus asa dan terus mencoba menyusui sang buah hati dengan penuh rasa cinta. Lambat laun, produksi ASI pastilah akan segera lancar dan bayi akan mendapatkan asupan yang dibutuhkan untuk tetap sehat dan tumbuh.

Nia juga menyarankan ibu untuk sesegera mungkin memberikan ASI pada anaknya begitu selesai dilahirkan. Selain bisa membuat ikatan emosional ibu dan anak menjadi lebih dekat, dengan segera memberikan ASI, maka produksi ASI pada payudara ibu di kemudian hari juga akan ikut terbantu untuk menjadi lebih lancar.