Jangan Khawatir, Ini Penyebab Nyeri Otot Usai Latihan Kebugaran

nyeri-saat-fitness-doktersehat
Photo Credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Latihan kebugaran memang sebuah aktivitas yang bertujuan untuk membentuk otot pada seluruh bagian tubuh. Mulai dari otot bahu, otot pinggul, otot lengan, otot kakai, hingga otot leher. Biasanya, latihan kebugaran memang menyisakan rasa nyeri dan ditambah rasa sakit pada bagian tubuh tertentu yang sedang dilatih.

Terlebih jika Anda tergolong pemula yang baru saja bergabung dalam dunia kebugaran. Maka rasa nyeri tersebut tidak bisa dihindari. Lantas, apa yang menyebabkan munculnya rasa nyeri dan sakit seusai latihan? Apakah hal tersebut bisa menimbulkan efek buruk bagi tubuh?

Perlu diketahui, nyeri akibat latihan bisa disebut juga delayed onset muscle soreness (DOMS). Sebab, tubuh yang tidak terbiasa dalam mengeluarkan energi begitu besar akan merasa terkejut hingga akhirnya mendorong otot keluar dari sarangnya. Hal tersebut adalah wajar dan baik selama proses pembentukan otot.

Semakin intens Anda melakukan latihan, maka semakin terasa pula nyerinya. Dalam kasus ini, tidak ada satupun latihan yang terlepas dari delayed onset muscle soreness (DOMS). Banyak pakar kebugaran yang mengatakan jika nyeri tersebut dikarenakan pecahnya serat-serat pada otot. Namun, semakin nyeri yang dirasa maka semakin baik pula karena saat itu juga otot dalam tubuh Anda sedang berlatih untuk memulihkan diri.

Biasanya rasa nyeri tersebut dirasakan beberapa jam setelah latihan. Namun, puncak nyeri sendiri akan terasa dalam waktu 24 jam setelah latihan. Nyeri otot saat latihan kebugaran tidak bisa dicegah dan tidak bisa dihindari. Tapi Anda bisa meringankannya dengan tetap melakukan latihan ringan atau gerakan-gerakan berbeda dari latihan sebelumnya. Anda bisa melakukan peregangan sampai nyeri tersebut hilang dengan sendirinya.

Setidaknya butuh waktu 1 sampai 2 minggu untuk tubuh Anda beradaptasi dengan rasa nyeri tersebut. Maka, dari sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi jika merasakan nyeri pada tubuh saat melakukan latihan kebugaran sebab hal tersebut adalah wajar dan baik.