Jangan Karena Dibuang Sayang Kita Masih Mengkonsumsi Makanan Kadaluwarsa. Bisa Berbahaya!

DokterSehat.Com– Kadangkala kita menemukan beberapa makanan baru saja melewati tanggal kadaluwarsanya. Bukannya langsung dibuang, kita memilih untuk segera memakannya karena sayang untuk dibuang dan berpikir jika toh masih baru saja melewati tanggal kadaluwarsa sehingga dianggap masih aman untuk dimakan. Sebenarnya, apakah hal ini tidak apa-apa untuk dilakukan?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa tanggal kadaluwarsa memang ditujukan untuk memberikan petunjuk bagi kita untuk tidak lagi mengkonsumsi suatu produk makanan. Hal ini berbeda jika tanda yang tercantum pada makanan tersebut adalah “Best Before” atau “Terbaik jika digunakan sebelum…” yang menunjukkan bahwa makanan ini sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi sebelum masa waktu tertentu karena memiliki kualitas dan rasa terbaik, namun masih boleh dikonsumsi setelah melewati tanggal yang tercantum.

Jika kita mengkonsumsi makanan yang sudah melewati tanggal kadaluwarsa, meskipun baru sebentar saja dalam hitungan jam, besar kemungkinan kita akan mengalami keracunan makanan dengan gejala seperti sakit perut, muntah-muntah, demam, kepala pusing, hingga diare atau dehidrasi. Mengapa hal ini bisa terjadi? Tak hanya kualitas makanan yang sudah menurun, bisa jadi makanan yang sudah kadaluwarsa tersebut sudah terpapar jamur atau bakteri salmonella dan listeria.

Mengingat keracunan makanan bisa memberikan dampak yang sangat berbahaya bagi tubuh dan bahkan bisa saja memicu kemataian, ada baiknya memang kita langsung membuang makanan jika sudah melewati tanggal kadaluwarsanya.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik