Jangan Habiskan Malam Tahun Baru Dengan Mengkonsumsi Alkohol Secara Berlebihan

DokterSehat.Com – Selain berkumpul dengan keluarga atau teman-teman terdekat, banyak orang yang menghabiskan malam tahun baru dengan berpesta. Selain melakukan pesta barbeque atau setidaknya menyalakan kembang api, banyak orang yang juga mengkonsumsi minuman beralkohol untuk menghabiskan malam tahun baru bersama dengan kawan-kawannya. Memang, minuman beralkohol bisa membuat tubuh menjadi lebih hangat di malam yang dingin, namun, kita tentu sudah tahu betapa buruknya minuman beralkohol bagi kesehatan tubuh kita, bukan?

doktersehat-penyakit-hati-alkoholik-jantung

Pakar kesehatan penyakit dalam bernama dr. Tirza Gwendoline SpPD, menyebutkan jika kita sebaiknya menghindari asupan minuman beralkohol, khususnya di malam pergantian tahun baru. Andaipun kita memang ingin meminumnya, pastikan bahwa kita tidak mengkonsumsinya dengan jumlah yang berlebihan. Banyak orang yang berpikir jika karena hanya meminumnya di malam tahun baru saja, minuman beralkohol ini tidak akan berimbas buruk bagi kesehatannya. Padahal, andai kita meminumnya dengan jumlah yang banyak, tetap saja kita akan meningkatkan resiko terkena infeksi dan gangguan pada organ hati dan pankreas. Selain itu, kita juga akan meningkatkan resiko terkena penyakit hepatitis dan gastritis.

Andai kita meminum alkohol hingga muntah, tubuh sebenarnya sudah memberikan tanda tidak mampu lagi menerima minuman ini. Andai tetap diteruskan, bisa jadi ulu hati akan terasa sakit dan kita akan mengalami demam dan peradangan pada berbagai organ.

Demi menghindari masalah kesehatan pada berbagai organ tubuh, khususnya pada organ hati dan juga mencegah berbagai penyakit kronis, ada baiknya memang kita menghindari mengkonsumsi minuman beralkohol, meskipun hanya di malam pergantian tahun. Selain itu, ada baiknya kita juga tidak memaksakan diri untuk begadang untuk merayakan pesta perayaan tahun baru. Pastikan bahwa kita akan tetap mendapatkan waktu tidur yang cukup setelah merayakan waktu pergantian tahun.