Jangan Gunakan Kantong Plastik Hitam

DokterSehat.Com – Kantong plastik hitam atau yang kerap disebut sebagai kresek adalah salah satu benda yang sangat akrab digunakan oleh masyarakat. Bahan ini bisa dipakai untuk membawa berbagai macam barang khususnya barang belanjaan. Sayangnya, banyak orang yang juga memakai kantong plastik hitam sebagai tempat dimana makanan layaknya gorengan dibawa. Kebiasaan ini ternyata bisa berbahaya bagi kesehatan anda!

doktersehat-diare-penyakit-perut-bakteri-mencret

Kantong plastik hitam ternyata lebih diperuntukkan sebagai tempat sampah atau tempat dimana anda bisa membuang banyak kotoran atau pembalut dan pampers bayi. Ya, fungsi utamanya lebih sebagai tempat benda-benda yang kotor, bukan makanan! Makanan yang ditempatkan dalam kantong plastik hitam ternyata beresiko terkontaminasi banyak bahan berbahaya dari kantong plastik ini. Tahukah anda, kantong plastik hitam ternyata adalah produk daur ulang dari banyak kantong plastik lain yang sudah tidak terpakai. Kantong plastik hitam bisa dianggap sebagai produk plastik yang paling rendah kualitasnya sehingga anda tentu sering merasakan bau tajam dan menyengat jika membuka bungkus kantong plastik hitam. Bahan utama dari kantong plastik ini adalah polivinil klorida atau PVC serta residu timah putih dan bahan kimia berbahaya lainnya layaknia cadmium.

Jika kita membawa makanan dengan kandungan vitamin C, berminyak, dan juga berlemak, zat-zat kimia berbahaya tersebut akan terurai dan bisa menempel pada makanan yang kita konsumsi. Padahal, kita tentu sering menemukan penjual makanan layaknya gorengan yang menempatkan gorengan berlemak nan panas pada plastik ini. Gorengan tersebut tentu telah terkontaminasi dengan berbagai zat kimia berbahaya dari kantong plastik yang tentu akan sangat berbahaya bagi kesehatan anda.

Beberapa pakar kesehatan bahkan berkata jika kita sering memakan makanan yang ditempatkan pada kantong plastik hitam, kita akan beresiko mendapatkan penyakit berbahaya layaknya pembengkakan organ hati, hepatitis, permasalahan pada sistem saraf, atau bahkan penyakit kanker yang mematikan. Melihat adanya resiko ini, jangan jadikan kantong plastik hitam sebagai tempat makanan apapun jenisnya. Jika perlu, anda bisa membawa wadah sendiri jika ingin membeli makanan matang sehingga anda pun tidak akan beresiko mendapatkan gangguan kesehatan pada tubuh.