Jangan Gunakan Alas Kaki Saat Ada di Dalam Rumah

DokterSehat.Com – Kebanyakan lantai yang ada di dalam rumah-rumah tanah air kini telah dipasangi lantai keramik atau beberapa jenis lantai lain yang cenderung bersih dan nyaman dipajak dengan bertelanjang kaki. Sayangnya, masih banyak orang yang cenderung “tega” untuk menginjak lantai di dalam rumah hanya karena sudah malas atau terburu-buru sehingga sepatu yang biasanya dipakai untuk bekerja atau bersekolah bisa tetap dipakai di dalam rumah. Hal ini ternyata sangat tidak baik bagi kesehatan penghuni rumah.

doktersehat-sepatu-wanita

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2008 oleh University of Arizona mempelajari kaitan antara penggunaan alas kaki di dalam rumah dengan peningkatan jumlah kuman atau bakteri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada sepatu ternyata bisa ditemui sekitar 421.000 jenis bakteri! Yang lebih mengerikan adalah sekitar 96 persen dari seluruh bakteri terebut ternyata mengandung senyawa coliform yang berarti bakteri-bakteri tersebut juga bisa ditemui pada kotoran hewan dan kotoran manusia. Selain itu, dari seluruh bakteri yang ditemukan pada sepatu, 27 persen diantaranya adalah bakteri E.Coli dan beberapa bakteri berbahaya layaknya Klebsiella pneumoniae, sebuah bakteri yang bisa menginfeksi saluran kemih, dan juga Serratia ficaria, bakteri yang bertanggung jawab pada infeksi saluran pernafasan.

Dengan tetap memakai sepatu atau alas kaki yang kita pakai dari luar rumah di dalam rumah, lantai akan terkontaminasi bakteri hingga 90-99 persen. Memang, secara fisik lantai tetap akan terlihat bersih apalagi jika kondisi tanah di luar ruangan cukup kering. Sayangnya, tanpa kita sadari bakteri-bakteri berbahaya yang bisa membawa berbagai macam penyakit akan mudah ditemui di lantai dalam rumah yang kerap kali dipakai anak-anak untuk bermain atau sekadar kita pakai untuk duduk dan rebahan.

Baca Juga:  Awas, Konsumsi Alkohol Segelas Setiap Hari Sudah Mampu Meningkatkan Resiko Terkena Kanker

Demi mencegah banyaknya bakteri masuk ke dalam rumah melalui sepatu atau alas kaki lain, satu-satunya cara yang dapat kita lakukan tentu saja adalah dengan tidak memakai alas kaki tersebut jika kita memasuki rumah. Andai anda tidak nyaman untuk bertelanjang kaki di dalam rumah, kita bisa menyediakan alas kaki khusus dalam rumah yang kering dan bersih sehingga resiko lantai dalam rumah terkontaminasi bakteri pun bisa kita minimalisir.