Jangan Duduk dengan Kaki Bersilang

Doktersehat.com – Kebiasaan duduk menyilang dengan menopangkan satu kaki ke kaki yang lainya ternyata dapat berdampak buruk pada kesehatan Anda. Posisi duduk seperti ini akan merugikan Anda bila dilakukan terus-menerus. Utamanya dalam fungsi tulang. Akibat terlalu sering duduk dengan kaki menyilang, psotur tubuh menjadi kurang bagus karena perlahan-lahan tulang membentuk huruf C. Bentuk ini akan memperburuk kondisi tubuh wanita, karena wanita yang sering duduk dengan kaki menyilang akan mendapatkan postur pundak menyamping dan pundak condong ke satu sisi.



Selain itu, keluhan sakit leher dan sakit punggung juga bisa mengganggu mereka yang sering duduk dengan kaki menyilang. Keluhan ini akan terjadi pada satu sisi tubuh saja. Kaki yang bertumpu pada satu kaki yang lain juga bisa menghambat peredaran darah di wilayah yang tertindih tersebut. Jadi bila Anda sering melakukan posisi duduk dengan kaki menyilang, tidak ada salahnya sesekali memijat kaki Anda untuk lebih memperlancar peredaran darah.

Kelompok asurasi kesehatan (The Technicians Health Insurance) di Hanover mengatakan para pekerja hendaknya jangan duduk menyilangkan kaki. Kaki hendaknya tetap paralel satu dengan lainnya dan lutut ditekuk dengan membentuk sudut 90 derajat. Demikian pula untuk tangan dan siku.

Kedudukan paha juga seyogyanya membentuk sudut 90 derajat dengan tubuh, suatu postur yang dapat disesuaikan dengan kursi kantor, dimana tinggi dan pegangan kursi dapat disesuaikan. Para ahli itu juga menyarankan para pekerja kantoran untuk secara berkala mengubah posisi duduk mereka untuk meringankan beban otot dan tulang belakang.

Dari berbagai sumber