Jangan Disepelekan, Stress Memang Mampu Membuat Kita Jatuh Sakit

DokterSehat.Com – Banyak orang yang menyepelekan stress dan menganggap mereka yang mengalami hal ini sebagai orang dengan pribadi yang lemah. Padahal, rutinitas sehari-hari bisa saja membuat kita mengalami stress. Yang menjadi masalah adalah, stress ternyata memang bisa membuat kita jatuh sakit jika kita membiarkannya begitu saja.

doktersehat-overtime-sibuk-kerja-lembur-stress-memunda-pekerjaan-wanita-resiko-jantung-resiko-kesehatan-wanita-karir

Pakar kesehatan bernama Gail Saltz menyebutkan bahwa saat stress, tubuh akan mengalami kondisi yang berbeda jika dibandingkan dengan saat pikiran kita tenang. Saat berada dalam fase stress ini, kemampuan sistem imun tubuh ternyata cenderung menurun sehingga tidak mampu lagi secara maksimal menahan serangan virus dan bakteri penyebab berbagai macam penyakit. Karena alasan inilah saat kita terkena stress atau banyak pikiran, kita akan cenderung lebih mudah terkena penyakit layaknya sakit kepala, sakit tenggorokan, gangguan pencernaan, dan insomnia.

Tak hanya pada orang dewasa, stress ternyata juga bisa menyerang anak-anak. Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh American Psycosomatic Society, stress pada anak bahkan bisa menyebabkan perkembangan tubuh dan mental anak mengalami gangguan. Penelitian lain yang dilakukan oleh University of florida’s Institute of Child Health Policy menyebutkan bahwa kebanyakan orang tidak sadar bahwa anak-anak kerap mengalami pengalaman buruk dan stress sehinga cenderung mudah terkena gangguan mental, gangguan fisik, hingga penurunan kemampuan belajar.

Melihat adanya efek buruk dari stress pada tubuh ini, Saltz pun menyarankan kita untuk tidak membiarkannya dan berusaha untuk segera menurunkan stress tersebut. Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk meredakan stress adalah dengan melatih pernafasan. Tak hanya itu, kita juga bisa melakukan olahraga secara teratur di bawah hangatnya sinar matahari pagi. Beberapa olahraga layaknya jogging, berjalan santai di dekat alam, dan juga yoga, diyakini sangat cocok bagi penderita stress.