Jangan Dilempar-Lempar, Dokter Lebih Menyarankan Cara Berikut Dalam Memijat Bayi

DokterSehat.Com – Belakangan ini di media sosial sedang cukup viral video yang menunjukkan teknik baru dalam memijat bayi yang lebih mirip layaknya melempar-lempar bayi. Beragam komentar pun bermunculan dari netizen, termasuk mereka yang mengaku ngeri dengan teknik memijat bayi ini. Menurut para dokter sendiri, cara memijat bayi ini juga cenderung tidak aman. Alih-alih memijatnya dengan teknik melempar-lempar ini, dokter lebih menyarankan teknik pemijatan yang bisa membuat bayi menjadi lebih rileks dan lebih nyaman. Seperti apakah cara memijat bayi yang lebih direkomendasikan oleh para dokter.

doktersehat-vaksin-palsu-bayi-imunisasi-Hipospadia

Pijatan pada kaki bayi
Kita bisa memijat telapak kaki bayi dan arahkan pijatan ini dari tumit ke bagian jari. Remas jari kaki satu demi satu dengan lembut. Setelah itu, pijatlah bagian punggung kaki dan juga mata kaki.

Memijat bagian paha dan betis bayi
Kedua paha bisa kita pegang dengan kedua tangan kita. Kita bisa melakukan gerakan memutar dengan tangan dari bagian dalam ke luar menuju bagian betis. Setelah itu, lakukan gerakan ini ke atas hingga bayi merasa nyaman.

Pijatan pada dada bayi
Gunakan telapak tangan untuk memijat dada bayi dengan lembut. Kita bisa menggeser tangan ke bagian pinggir dada dan kemudian kembalikan lagi tangan ke tengah. Lakukan hingga seluruh area dada bisa dipijat.

Pijatan pada perut bayi
Kita hanya perlu menggunakan dua atau tiga jari dalam memijat perut bayi dengan lembut. Bagian pertama perut yang perlu dipijat adalah bagian kiri perut dari bawah tulang rusuk menuju ke bawah. Lanjutkan dengan melakukan gerakan melintang dari kiri ke kanan. Setelah itu, kita bisa melakukan gerakan dari bawah ke atas. Ketiga gerakan ini akan membentuk huruf I, L, dan juga U.

Baca Juga:  Bayi ini Meninggal Karena Kelaparan Gara-Gara Ibunya Tidak Sadar Jika Produksi ASInya Kurang

Pijatan pada tangan bayi
Pijatlah tangan bayi dari pangkal lengan, lalu turun ke tangan dan lakukan gerakan ini kembali dari tangan ke pangkal lengan dengan lembut.

Pijatan pada wajah bayi
Kita bisa memberikan urutan lembut pada wajah bayi dari bagian sisi wajah hingga ke bagian tengahnya.

Dengan melakukan pijatan yang lembut pada bayi, maka kita akan membantu bayi mengatasi masalah perut kembung dan juga kolik. Bayi pun akan lebih rileks sehingga bisa tertidur dengan lebih nyenyak.