Jangan Dilarang, Bermain Tanah Ternyata Baik bagi Kesehatan Anak

DokterSehat.Com– Kebanyakan orang tua akan langsung melarang anaknya bermain dengan tanah karena menganggapnya sebagai benda yang kotor dan kaya akan bakteri penyebab berbagai macam penyakit. Namun, menurut pakar kesehatan, ada baiknya kita tidak melarang anak saat bermain dengan tanah karena jika anak tidak pernah melakukannya, anak justru akan lebih beresiko terkena alergi. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-anak-kecil-bermain

Adalah penelitian yang dilakukan di University of Chicago, Amerika Serikat, yang membuktikan efek buruk dari melarang anak bermain dengan tanah. Penelitian di bidang microbial ecosystems ini mengungkapkan fakta bahwa anak yang tidak pernah bermain dengan tanah justru mengalami gangguan pada sistem imunitasnya. Jack Gilbert yang menulis penelitian ini menyebutkan bahwa orang tua yang terlalu protektif dan melarang anak untuk bermain-main dengan benda-benda yang dianggap kotor seperti tanah justru akan membuat anak lebih beresiko terkena alergi, asma, atau penyakit kulit eksema. Tak hanya itu, tubuh anak justru akan menjadi lebih sensitif dengan berbagai benda yang terbuat dari bubuk yang halus.

Di dalam tubuh anak, terdapat semacam sel-sel prajurit bernama neutrophil. Sel-sel ini ternyata bekerja dengan cara mencari sesuatu yang seharusnya bisa dilakukan. Jika sel ini tidak terbiasa untuk bekerja namun tiba-tiba menemukan benda asing seperti serbuk sari misalnya, mereka akan mengalami proinflamasi atau bereaksi dengan berlebihan dan pada akhirnya memicu alergi makanan, asma, dan juga eksim. Hal inilah yang akan terjadi pada tubuh anak yang dilarang untuk bermain-main dengan tanah.

Gilbert juga menyebutkan bahwa ada penelitian lain yang menyebutkan bahwa saat bermain tanah, anak memang akan terpapar bakteri. Namun, hal ini justru bisa melatih sistem kekebalan tubuh anak agar bisa menjadi lebih kuat. Tak hanya itu, bermain dengan tanah juga akan melatih motoris halusnya agar lebih berfungsi dengan baik.

Baca Juga:  Mengapa Terkadang Lendir Anak Bertambah Saat Minum Susu Bubuk?

Lantas, apa yang bisa dilakukan orang tua untuk menjaga kesehatan anak? Biasakan anak untuk mencuci tangan sebelum makan atau setelah bermain agar paparan bakteri tidak mudah menyebabkan penyakit pada mereka.