Jangan Dikucek, Ini Cara Terbaik Mengatasi Gatal Pada Mata

DokterSehat.Com – Mata adalah salah satu bagian tubuh yang cukup sering mengalami gatal-gatal. Saat kita mengalami hal ini, maka hal pertama yang akan kita lakukan tentu akan mengucek mata. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, kebiasaan mengucek mata ini bisa memicu iritasi, mata merah, dan masalah kesehatan mata lainnya. Lantas, apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi gatal-gatal pada mata?

doktersehat-mata-kerja-lelah

Pakar kesehatan mata dr. Endang Johani, SpM yang berasal dari rumah sakit Siloam Lippo Village Karawaci menyarankan kita untuk tidak mudah mengucek mata saat terasa gatal. Menurut beliau, kornea mata kita cukup halus dan rentan untuk rusak andai kita sering menguceknya, apalagi jika dengan cara yang kasar. Alih-alih mengucek mata, beliau justru menyarankan kita untuk memberikan kompres dingin pada mata yang gatal. Cukup dengan menggunakan dua lembar kapas yang sudah dicelupkan pada air es, kita tempatkan kapas tersebut pada mata selama 1 hingga 3 menit. Lakukan kompres pada mata ini selama beberapa kali hingga rasa gatal menghilang dan mata terasa jauh lebih nyaman.

Pakar kesehatan mata lainnya, dr. Zeiras Eka Djamal, SpM, juga menyebutkan jika kebiasaan mengucek mata saat mata terasa gatal atau kemasukan debu sangatlah berbahaya karena bisa menyebabkan cedera. Debu atau benda-benda asing yang menempel pada mata ini bisa menggores permukaan mata saat kita menguceknya dan akhirnya memicu cedera tersebut.

Berbeda dengan dr. Endang yang menyarankan kompres air dingin, dr. Zeiras justru menyarankan kita untuk mengedipkan mata berulang kali agar air mata secara alami meringankan gatal dan menghilangkan debu dan berbagai benda asing pada mata. Jika rasa gatal tak kunjung mereda, cobalah untuk menggunakan obat mata yang memang ditujukan untuk mengatasi iritasi mata. Jika hal ini juga masih gagal, ada baiknya mata kita segera diperiksakan ke dokter.