Jangan Dibuang, Rambut Jagung Ternyata Banyak Manfaatnya

DokterSehat.Com– Kebanyakan orang akan segera membuang rambut jagung tatkala mengupasnya karena menganggap rambut jagung ini tidak bisa dimakan. Padahal, ada cukup banyak manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dari rambut jagung. Apa sajakah manfaat tersebut?

doktersehat-jagung

Mengatasi sakit kepala
Jika kita sedang mengalami sakit kepala, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengkonsumsi rambut jagung. Hal ini disebabkan oleh kemampuan rambut jagung dalam menenangkan saraf, membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar, dan menurunkan sensasi kaki pada leher, rahang, dan bahu.

Melindungi saluran kemih
Rambut jagung ternyata memiliki sifat antiseptic dan diuretic sehingga mampu mencegah infeksi pada saluran kemih. Dengan mengkonsumsinya, maka kita pun bisa menurunkan peradangan pada tubuh, mencegah iritasi, dan menurunkan pertumbuhan bakteri pada tubuh.

Mengatasi rasa nyeri
Rambut jagung juga memiliki sifat anti inflamasi dan alkali yang mampu mengobati rasa nyeri pada persendian. Dengan mengkonsumsinya, kita juga bisa menurunkan tingkat keasaman pada tubuh, mengatasi masalah retensi cairan, dan menurunkan resiko terkena reaksi peradangan.

Menurunkan tekanan darah tinggi
Rambut jagung ternyata sangat direkomendasikan bagi penderita tekanan darah tingi. Kandungan flavonoid di dalam rambut jagung akan membuat sirkulasi darah meningkat sehingga berpengaruh positif bagi tekanan darah. Rambut jagung juga akan membantu tubuh mengendalikan kadar sodium dalam tubuh, salah satu zat yang bisa memicu tekanan darah tinggi.

Mengatasi rasa tegang pada otot
Bagi para atlet yang kerap mengalami otot tegang setelah berolahraga, ada baiknya mereka segera mengkonsumsi rambut jagung. Selain rendah kalori, rambut jagung akan membantu proses rehidrasi dalam tubuh dan menjaga keseimbangan kadar elektrolit.

Detoksifikasi tubuh
Kandungan antioksidan di dalam rambut jagung mampu membantu proses pembuangan racun. Hal ini bisa membuat kesehatan dan fungsi hati akan meningkat. Resiko untuk terkena perlemakan hati juga menurun.

Baca Juga:  Buah-Buahan Ini Bisa Mengatasi Masalah Tekanan Darah Tinggi

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, pakar kesehatan menyarankan kita untuk segera merebusanya dan menkonsumsinya 3-4 cangkir setiap hari. Hanya saja, bagi ibu hamil, ada baiknya mereka membatasi konsumsi rambut jagung karena bisa berefek kurang baik bagi rahim.