Jangan Dibuang, Kulit Pisang Ternyata Banyak Manfaat Kesehatannya, Lho

DokterSehat.Com – Saat memakan buah pisang, kita tentu akan segera membuang kulit pisangnya karena menganggapnya tidak berguna. Padahal, menurut pakar kesehatan, kulit pisang ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan. Di dalam kulit pisang, kita bisa menemukan nutrisi layaknya vitamin B6, vitamin B12, magnesium, kalium, serat, hingga protein. Sebenarnya, apa yang bisa kita lakukan pada kulit pisang ini agar bisa berguna bagi kesehatan tubuh kita?



Kulit pisang mampu memutihkan gigi
Tak hanya pasta gigi, kulit pisang ternyata bisa menjadi pemutih gigi yang alami. Kita hanya perlu mengambil sedikit kulit pisang dan gosokkan bagian dalam kulit pisang ini pada gigi. Dengan rutin menggunakannya selama dua pekan, gigi pun akan menjadi lebih putih secara alami yang tentu akan membuat kepercayaan diri kita meningkat.

Mengatasi kutil
Kulit pisang ternyata bisa digunakan untuk mengobati kutil pada kulit kita. Cukup hanya dengan menggosokkan kulit pisang pada kutil, maka kutil yang sangat mengganggu ini bisa segera menghilang.

Mengobati bekas gigitan nyamuk
Gunakan kulit pisang untuk digosok-gosokkan dan dipijat pada bekas gigitan nyamuk untuk segera menyembuhkannya.

Mengatasi psoriasis
Jika kita terkena psoriasis atau peradangan pada kulit, maka ada beberapa bagian kulit yang akan mengalami penebalan dan muncul serpihan-serpihan kulit berwarna keputihan yang tentu akan mengganggu penampilan. Gunakan kulit pisang pada bagian kulit tersebut agar gatal-gatal dan pengelupasan kulit mereda. Kulit pisang juga bisa membuat kulit mendapatkan kembali kelembaban alaminya.

Menurunkan berat badan

Jangan salah, kulit pisang ternyata bisa dimakan dan hal ini ternyata bisa membantu kita menurunkan berat badan. Memang rasanya tak akan seenak buah pisang. Namun, jika kita mengkonsumsinya setelah makan siang secara rutin, maka kita bisa membantu penurunan berat badan hingga 2-3 kg dalam waktu satu bulan.