Jangan Dibuang, Biji Semangka Ternyata Bisa Memberikan Banyak Manfaat Kesehatan

DokterSehat.Com – Banyak orang yang menganggap biji semangka sebagai hal yang sangat mengganggu saat kita menikmati kesegaran buahnya. Karena alasan inilah kini banyak orang yang lebih meminati buah semangkat tanpa biji. Padahal, menurut pakar kesehatan, andai kita mau menyimpan biji semangka, kita bisa mendapatkan berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh kita. Apa sajakah manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dari biji semangka?

doktersehat-semangka-watermelon-sehat-buah-fruit-baik-untuk-pria

Pakar kesehatan menyebutkan jika biji semangka juga bisa dikonsumsi. Meskipun rasanya memang tidak begitu enak, biji semangka ternyata kaya akan kandungan potassium, zat besi, vitamin, dan juga kandungan serat. Untuk mendapatkan manfaat ini, kita harus mengunyahnya terlebih dahulu dengan halus dan tidak langsung menelannya begitu saja.

Di dalam biji semangka, kita bisa menemukan kandungan asam amino berupa arginine dan lysine yang akan membantu tubuh kita dalam menyerap berbagai kalsium dan membentuk kolagen untuk kesehatan kulit. Kandungan arginine sendiri sudah dikenal sebagai salah satu nutrisi yang mampu meningkatkan sistem metabolisme tubuh sekaligus menjaga kesehatan organ kardiovaskular. Sebagai informasi, tubuh kita tidak mampu memproduksi arginine dan lysine secara alami. Kandungan lycopene dalam biji semangka juga diyakini sangat baik dalam menjaga kesuburan pria. Selain itu, banyaknya kandungan vitamin B dalam biji semangka akan membuat tubuh lebih baik dalam menjaga kesehatan sistem saraf sekaligus memperbaiki respons sistem kekebalan tubuh. Kebaikan lain yang bisa kita dapatkan dari biji semangka adalah kemampuannya untuk membantu tubuh cepat pulih andai kita baru saja sakit.

Dengan adanya berbagai manfaat biji semangka ini, ada baiknya memang kita kini memilih buah semangka yang masih memiliki biji dan tidak perlu membuang biji semangka karena biji ini ternyata bisa dikonsumsi sebagai makanan yang akan sangat menyehatkan tubuh.