Jangan Dibiarkan, Segera Usap Keringat yang Keluar Agar Tidak Mengalami Hal Ini

doktersehat-dehidrasi-keringat

DokterSehat.Com– Aktifitas fisik seperti olahraga atau saat kita mengangkat benda berat akan membuat tubuh mengeluarkan banyak keringat. Ada orang yang langsung mengusapnya dengan tangan atau kain karena merasa tidak nyaman, namun, ada pula yang sengaja membiarkannya karena berpikir jika keringat akan mengering dengan sendirinya. Menurut pakar kesehatan, ada baiknya kita segera mengusapnya karena jika tidak, maka akan ada dampak buruk yang bisa kita dapatkan seperti sebagai berikut.

Sensasi lengket
Salah satu hal yang akan kita rasakan saat tubuh banyak mengeluarkan keringat adalah sensasi lengket yang tidak nyaman, apalagi jika kita masih belum selesai berolahraga dan harus melakukan banyak hal lain.

Gatal-gatal
Keringat yang tidak segera dibersihkan bisa menyebabkan gatal-gatal. Hal ini disebabkan oleh kemampuan keringat dalam menjebak berbagai kotoran dan bakteri pada kulit yang tentu akan menyebabkan sensasi tidak nyaman ini. Bahkan, dalam banyak kasus, gatal-gatal ini akhirnya berlanjut menjadi ruam-ruam, khususnya pada lipatan tubuh seperti ketiak, lipatan siku, atau lipatan lutut.

Biang keringat
Saat bakteri pada kulit tercampur dengan keringat dalam jumlah yang banyak, maka kita akan mengalami biang keringat yang tentu sangat tidak nyaman bagi tubuh.

Bau badan
Tak hanya menyebabkan sensasi gatal atau ruam pada tubuh, tercampurnya bakteri dan keringat bisa menyebabkan bau badan, apalagi jika kita memakai jenis kain pakaian yang tidak mampu menyerap keringat dengan baik. Jika kita banyak mengeluarkan keringat dan harus bertemu dengan banyak orang, masalah bau badan ini tentu akan menyebabkan penurunan kepercayaan diri, bukan?

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita segera mengusap keringat. Jika perlu, kita juga bisa membersihkan badan atau mandi agar badan menjadi lebih segar dan tidak akan mengalami masalah-masalah kesehatan tersebut.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik