Jangan Dianggap Remeh, Diare Pada Anak Bisa Menyebabkan Kematian!

DokterSehat.Com – Berbeda dengan demam berdarah atau tipus, diare kerap kali dianggap sebagai penyakit yang biasa saja saat menyerang anak. Hal ini disebabkan oleh kebanyakan orang dewasa yang juga menganggap diare sebagai cara sistem pencernaan untuk membersihkan perut. Padahal, diare yang menyerang anak-anak sama sekali tidak bisa diremehkan karena dampaknya tidak main-main, yakni bisa menyebabkan kematian!

doktersehat-anak-sakit-konsul

Tahukah anda jika diare ternyata tercatat sebagai penyebab kematian anak nomer satu? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa tak hanya membuat anak kerap buang air besar dengan kotoran yang cair, diare bisa menyebabkan masalah lainnya, yakni dehidrasi. Dengan cairan tubuh yang hilang dengan cepat, dikhawatirkan berbagai fungsi tubuh bisa mengalami gangguan dan akhirnya bisa menyebabkan kematian.

Mengapa anak cenderung rentan terkena diare? Hal ini disebabkan oleh hobi anak yang suka membeli jajanan secara sembarangan, khususnya yang ada di pinggir jalan. Cukup banyak penjaja makanan yang ternyata sembarangan saat mengolah atau menyajikan makanan tersebut. Berbagai kuman dan kotoran dari makanan yang masuk ke dalam perut inilah yang pada akhirnya memicu diare.

Yang menjadi masalah adalah, tidak seperti orang dewasa yang menyadari pentingnya asupan air putih saat diare, banyak anak yang malas minum air. Alhasil, tubuh mereka terus kehilangan cairan dan akhirnya mulai mengalami dehidrasi. Jika cairan tubuh ini tidak segera dikembalikan atau setidaknya diganti dengan cairan infus, maka berbagai fungsi tubuh akan tak lagi bekerja dan jika tak segera ditangani secara medis, maka anak bisa kehilangan nyawanya.

Melihat adanya fakta mengerikan tentang diare ini, ada baiknya setiap orang tua segera memeriksakan kondisi anaknya ke dokter saat diare menyerang demi menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan.