Jangan Diabaikan, Tanda-Tanda yang Dikeluarkan Tubuh Ini Harus Segera Diperiksakan ke Dokter

DokterSehat.Com– Tak hanya melakukan aktifitas harian, tubuh juga bisa memberikan tanda-tanda tertentu yang menunjukkan bahwa kita sudah merasa lelah atau butuh beristirahat. Berikut adalah beberapa tanda-tanda yang dikeluarkan oleh tubuh yang sebaiknya tidak kita sepelekan dan harus segera diperiksakan ke dokter.

doktersehat-kuku-patah-kuteks

Berat badan berubah drastis
Kadangkala kita sampai lupa makan karena berbagai kesibukan atau justru terbiasa ngemil yang tidak sehat saat stress. Tak disangka, hal ini bisa menjadi tanda akan kesehatan mental yang serius. Jika kita sampai mengalami kenaikan atau penurunan berat badan dengan drastis, ada baiknya kita segera memeriksakan kondisi kesehatan mental kita atau melakukan tindakan untuk mengatasi depresi, stress, dan kecemasan.

Gangguan tidur
Jika kita mengalami susah tidur, hal ini bisa jadi menandakan akan adanya masalah insomnia, kesehatan mental, atau bahkan kondisi lainnya seperti hipertiroid, arthritis, dan asma.

Perubahan suasana hati
Jika kita kerap mengalami fluktuasi antara rasa bahagia dan sedih dalam waktu yang cepat, bisa jadi kita sedang mengalami depresi atau bahkan terkena gangguan bipolar. Biasanya hal ini juga ditandai dengan rendahnya semangat untuk bersosialisasi atau melakukan hobi yang sebenarnya menyenangkan untuk dilakukan.

Kelelahan berlebihan
Jika tubuh mengalami kelelahan dengan berlebihan tanpa alasan yang jelas, maka bisa jadi hal ini adalah tanda akan ketidakseimbangan hormon, gangguan hati, atau bahkan diabetes.

Konstipasi
Kerap dianggap karena salah makan, konstipasi ternyata juga bisa menandakan masalah kekurangan asupan magnesium atau serat.

Kerontokan rambut
Rambut yang rontok dalam jumlah yang sangat tidak biasa menandakan adanya masalah kesehatan seperti stress dan gangguan mental lainnya.

Tahi lalat
Tahi lalat yang baru dan berkembang dengan sangat pesat bisa jadi adalah tanda dari kanker kulit melanoma. Jangan salah, kanker ini bisa mematikan lho.

Baca Juga:  Penyebab Kebotakan di Usia Muda

Kuku yang rapuh
Kuku yang rapuh bisa jadi adalah tanda dari masalah pada kelenjar tiroid atau adanya infeksi jamur.

Jika anda mengalami gejala-gejala tersebut, jangan ragu dan segeralah memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter untuk mengatasinya.