informasi kesehatan


Jangan Cemas Dulu Bila Anak Terlambat Berbicara

Jangan Cemas Dulu Bila Anak Terlambat Berbicara

DokterSehat.com – Rasanya sering banget, kita mendengar anak yang dah umur 2 hingga 2,5 tahun belum bisa bicara dengan lancar. Hanya potongan-potongan kata yang dia ucapkan, dan itupun tidak terucap dengan jelas. Padahal sesuai tahapan perkembangannya, anak usia 1,5 tahun seharusnya paling tidak sudah bisa menggunakan minimal 5 kosa kata yang konsisten seperti papa, mama, apa dsb. Selanjutnya secara bertahap pada usia 2 tahun anak mempunyai 2 lusin kata yang dapat dirangkai sederhana.

Dari beberapa kasus yang terjadi di masyarakat umum, anak yang terlambat bicara adalah hal yang biasa dan bukan merupakan kelainan. Selain itu kita dianjurkan untuk jangan terlalu membandingkan anak kita dengan anak-anak yang lain, karena setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda-beda (kaya’nya untuk yang satu ini bener juga sich….). Namun adanya anggapan bahwa kematangan anak perempuan lebih cepat dibandingkan dengan anak laki-laki, juga menjadi faktor mengapa anak lambat bicara adalah hal yang biasa.

Anak keponakan saya yang bernama Nashih Ulwan merupakan salah satu dari sekian anak yang mengalami keterlambatan bicara tersebut. Setelah konsultasi ke dokter anak di RS PKT, maka Nashih dianjurkan untuk mengikuti terapi khusus selama beberapa bulan dan Alhamdulillah sekarang dia sudah dapat bicara dengan normal dan sempurna. Dari beberapa informasi yang saya baca, anak yang terlambat bicara biasanya terlalu aktif bergerak sehingga anak kurang konsentrasi dan fokus, hal ini memperlambat proses imitasi (meniru) atau istilah kedokterannya anak mengalami ADHAD (Attention Deficit and Hiperactivity Disorder). Anak akan lebih suka bereksperi lewat gerakan, senyuman dan tangisan tetapi jarang menyampaikan sesuatu secara verbal.

Sebagai orang tua (terutama ibu kali’ ya… icon smile Jangan Cemas Dulu Bila Anak Terlambat Berbicara ) ada baiknya untuk lebih tanggap dan memperhatikan ketika anak kita mengalami keterlambatan bicara. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain :

1. Konsultasi dengan dokter/psikolog/psikiater tentang apa yang seharusnya dikuasai oleh anak pada usia tetetentu. Usahakan mencari the second opinion untuk memperkuat pernyataan dokter yang lain dan memperkaya informasi tentang kondisi anak kita yang sebenarnya.

2. Jangan biarkan anak terlalu lama menonton TV, karena akan berdampak kurang baik terhadap perkembangan anak. Ketika menonton TV, anak merasa nyaman dengan tayangan gambar yang begitu menarik dengan gambar yang selalu bergerak dan penuh dengan warna.
Hal itu dapat menyebabkan berkurangnya ketertarikan anak pada obyek-obyek yang statis/kurang menarik/ kurang berwarna yang ada di lingkungan sekitarnya. Akibatnya anak cenderung menjadi pasif, kurang peka dan kurang fokus ketika berinteraksi denganh lingkungannya. Sedangkan yang dibutuhkan anak agar dapat mengadopsi kata-kata dari orang lain adalah dengan cara imitasi (meniru). Dalam proses imitasi diperlukan sensitifitas, keaktifan dan konsentrasi.

3. Sediakan waktu mengajak anak berinteraksi dengan teman-teman sebayanya. Hal ini akan merangsang anak agar lebih termotivasi untuk belajar bicara, karena bermain bersama anak-anak yang lain membutuhkan kemampuan komunikasi verbal.

4. Selalu Menstimulasi dengan mengajak anak berkomunikasi meskipun anak belum mampu berbicara dengan baik. Masa BATITA adalah masa meniru, sehingga ketika orang tua intens mengajaknya berbicara pasti kosa kata anak semakin banyak pula.

5. Mengajarkan kata kepada anak dengan kata-kata yang jelas (intonasi, bentuk mulut/bibir saat mengucapkannya). Contoh : makan bukan maem atau mamam, minum bukan mik atau num, susu bukan cucu, dsb.

Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat buat kita semua, khususnya para ibu yang mungkin waktu bermainnya bersama buah hati hanya pada hari sabtu dan minggu seperti saya… icon smile Jangan Cemas Dulu Bila Anak Terlambat Berbicara

sumber BundaOfa @ blogspot

pf button both Jangan Cemas Dulu Bila Anak Terlambat Berbicara
                     

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

114 Responses to “Jangan Cemas Dulu Bila Anak Terlambat Berbicara”

  1. ernawati says:

    dok, anaak saya berumur 3 tahun 8 bulan, belum bisa bicara, hanya mampu memanggil mama, itupun jika ia mau atau di kala menangis, apabila diminta dia hanya diam, tp dia mengerti apa diperintahkan kepadanya, analisa kami kayaknya pendengarannya normal, langkah apa yg harus kami tempuh dok

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Kurangi menonton TV, masukan ke sekolah, ajak Anak anda terus berinteraksi dengan anda, konsultasikan dengan dokter Anak anda. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  2. Joko Pramono says:

    Membaca Posting diatas sbb;

    Setelah konsultasi ke dokter anak di RS PKT, maka Nashih dianjurkan untuk mengikuti terapi khusus selama beberapa bulan dan Alhamdulillah sekarang dia sudah dapat bicara dengan normal dan sempurna.

    Bisa Minta Dibantu yang lebih DETAIL…RS PKT <Rumah Sakit Apa ya ) dan Beralamat dimana, Karena saya ingin juga terapi anak.
    Alamat saya di : Bogor Barat.
    Mohon kiranya bisa dibantu.
    Terima Kasih

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      RS PKT Yg dimaksud di daerah Kalimantan timur. Untuk terapi wicara, sebaiknya anda konsultasikan dulu dengan dokter spesialis Anak di rumah sakit terdekat. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  3. Guntur says:

    Dok, keponakan saya laku – laki usianya 2 tahun 2 bulan an, tetapi sampai sekarang belum bisa berbicara, hanya sedikit suara tak jelas maksudnya yang terucap, tetapi dia mampu untuk mengerjakan dan menunjukkan apa yang kita perintahkan dan menunjukkan apa yang dia mau, seolah – olah dia mau berkomunikasi dengan kita menggunakan gerakan (seperti menunjukkan sesuatu, manarik tangan dll..). Apa yang sebaiknya kami lakukan untuk mengatasi masalah ini ? Terima kasih.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Kami sarankan untuk memeriksakan langsung ke dokter spesialis Anak, dikhawatirkan adanya gangguan perkembangan pada keponakan anda sehingga dapat ditangani segera. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  4. andry says:

    Dok. Sya punya anak usianya sdah 3 tahun 4 bulan (Laki-Laki). Anak sya ini belum Lancar berbicara pdhaL seharusnya anak d usian 3 tahun itu sdah sngat pandai berbicara,, anak sya ini mmg trmasuk anak yG Hiferaktif, dan sejak kecil dya sukanya nnton tv, smpai skrang ini cma ada brapa kata sja yg mmpu dya ucapkan, cntohnya mama, papa, dll. Tp dya sdah pandai bernyanyi satu2 syang ibu, dan anak sya jg in sdah pandai berhitung 1-10, tp pengucapannya kurang jelas dok, cntohnya sebut huruf 1, dya cma bsa blang Atu,Ua,Iga,mpa,ima dst. Dan dya jga kurang tanggap dok, jika kta sdang ajak dya ngobroL dya sma skali tdak paham apa yg sdang kita bicarakan. Bgiamna soLusinya dok, dan apakah nntinya anak sya bsa berbicara dan berinteraksi dhan orng Lain. Terima kasih dok, sebelumnya.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Perbanyakmineraksi interaksi dengan Anak, kurangi menonton TV Dan segera konsultasikan dengan dokter spesialis Anak untuk dilakukan penanganan segera. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  5. henny padang says:

    dok..wajar gak anak saya balqis 1,5thn tapi blm bisa mengucapkan kata tapi apa yg kita bilang misal mandi balqis ya..dia langsung respon buka baju, mau minum dia ambil gelas/menunjuk dispenser,mana sendal nak dia langsung ambil sendal, apa penyebab keterlambatan bicaranya wktu bayi dari umur 8bln dia sering jatuh kepala belakang wktu itu udh saya konsultasikan ke dokter anak tdk apa2 krn tanda-tanda bahaya akibat jatuh tdk ada…apa pengaruh ya keterlambatan bicara dgn tumbuh gigi nya baru 4buah..

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Apakah tidak Ada kata2 sama sekali Yg diucapkan? Normalnya Anak 1,5 thn Sudah bisa mengucapkan beberapa kata, seperti mama, papa, dll Yg sering dia dengar.
      Hubungan dengan Jatuh, bila tidak Ada tanda2 bahaya maka tidak berpengaruh pada perkembangannya.
      Hubungan dengan Gigi juga tidak Ada.
      Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  6. dok anak saya 3 tahun bicaranya belum terlalu lancar jga agak cadel,,,,,belum bisa tanya jawab,,,, mhon infonya dok thanks.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Kurangi nonton TV, main game! komputer. Banyak interaksi dengan Anak, bila perlu masukan ke sekolah, bila tidak Ada perkembangan, segera periksakan ke dokter Anak untuk dilakukan pemeriksaan. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0


Trackbacks/Pingbacks

  1. Jangan Cemas Dulu Bila Anak Terlambat Berbicara | Dokter Sehat « Iphynk – Football and OtoSport News - [...] Jangan Cemas Dulu Bila Anak Terlambat Berbicara | Dokter Sehat Posted: 7 Juli 2010 by iphynk in Info Sehat …
  2. Jangan Cemas Jika Anak Terlambat Bicara | PAUD ANAK CERIA BERBUDAYA LINGKUNGAN - [...] http://doktersehat.com/jangan-cemas-dulu-bila-anak-terlambat-berbicara/#ixzz1b5hyWmsb LD_AddCustomAttr("AdOpt", "1"); LD_AddCustomAttr("Origin", "other"); LD_AddCustomAttr("theme_bg", "F1F6F9"); LD_AddCustomAttr("theme_text", "333333"); LD_AddCustomAttr("theme_link", "EE6633"); LD_AddCustomAttr("theme_border", "296684"); LD_AddCustomAttr("theme_url", "4499BB"); …