Jangan Campurkan Pakaian Dalam Saat Mencuci

DokterSehat.Com – Banyak dari kita yang langsung mencampurkan semua jenis pakaian saat mencuci karena memang lebih praktis untuk dilakukan. Namun, pakar kesehatan menyarankan kita untuk memisahkan pakaian dalam saat mencuci karena andai tercampur, dikhawatirkan bisa mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh. Apa sajakah alasan mengapa kita harus memisahkan pakaian dalam saat mencuci?

doktersehat-underwear-bh-celana-dalam-bra

Lebih kotor
Banyak orang yang tidak menyadari jika pada pakaian dalam kita, bisa jadi ada sisa air seni dan juga kotoran yang tertinggal. Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh dr. Charles Gerba, professor mikrobiologi yang berasal dari University of Arizona, Amerika Serikat, di dalam pakaian dalam yang digunakan dalam sehari kita bisa menemukan rata-rata satu gram air seni atau kotoran. Andai kita merendamnya bersama dengan pakaian lainnya, dikhawatirkan kita bisa memindahkan 100 juta bakteri E.Coli ke pakaian lainnya.

Bahaya andai tercampur pakaian bayi atau anak
Bayi memiliki sistem kekebalan tubuh yang belum sempurna layaknya pada orang dewasa sehingga mereka cenderung lebih rentan terkena infeksi. Andai kita asal mencampur pakaian bayi dengan pakaian dalam, dikhawatirkan berbagai bakteri dan kotoran akan hinggap pada pakaian bayi dan bisa memicu berbagai masalah kesehatan yang berbahaya.

Di dalam cucian ada barang dapur
Terkadang, beberapa barang dapur layaknya serbet juga kita campurkan dalam cucian bersama dengan pakaian dalam. Serbet ini tentu akan beresiko terpapar berbagai kotoran dan bakteri layaknya E.Coli dan staphylococcus penyebab penyakit. Padahal, serbet ini bisa kita gunakan untuk mengelap peralatan masak atan peralatan makan.

Membutuhkan suhu yang berbeda
Pakar kesehatan menyebutkan jika untuk pakaian biasa, kita bisa menggunakan air dingin bersuhu 15 derajat untuk mencucinya. Sementara itu, pakaian dalam membutuhkan suhu 40 derajat Celcius agar kita bisa membunuh berbagai bakteri yang menempel. Karena alasan inilah ada baiknya kita memisahkan pakaian dalam dari pakaian lainnya saat mencuci.